Tantangan Pemain Muda untuk Tandingi Kehebatan Legenda
Sumber gambar: www.sumberbola.com
in

Tantangan Pemain Muda untuk Tandingi Kehebatan Legenda

UGET UGET Pemain muda sepak bola selalu dibayangi dengan kesuksesan legenda yang terdahulu. Hal itu bisa menjadi tantangan untuknya dalam meniti karir kedepannya. Pertanyaan apakah mereka bisa menandingi pemain yang lebih dahulu sukses dari pada mereka, pasti selalu membayangi.

Memang kita tidak perlu membandingkan mana yang lebih baik di antara mereka. Beda era, beda juga sepak bolanya. Tapi, anggap saja ini adalah sebuah cambuk semangat untuk berjuang. Setidaknya mereka paham bahwa legenda mereka itu sukses, dan mereka juga harus sukses tentunya.

Berbicara soal legenda, saya rasa ada banyak tingkatannya. Saat pemain-pemain hebat seperti Ronaldo, Messi, Kaka, Lampard, Gerard, dan pemain lain seusia mereka masih muda, ada nama Pele, Maradona, bahkan Ronaldo Brazil yang juga mereka sebut sebagai legenda.

Kini, saat pemain-pemain itu seluruhnya telah tumbuh semakin dewasa, ada lagi tunas baru bermunculan. Ketika mereka sudah memutuskan untuk melepas status “pemain”, maka dengan segera pemain itu masuk dalam daftar legenda.

Kita tahu, akhir-akhir ini Kaka, Lampard, dan Gerard sudah gantung sepatu dan memutuskan untuk berjalan di arah mereka sendiri-sendiri. Secara otomatis, keputusan itu membuat mereka terdaftar sebagai legenda sepak bola. Orang-orang yang nantinya akan menjadi panutun dan mungkin juga cermin kesuksesan untuk generasi lain yang lebih muda.

Mungkin tidak lama lagi Messi dan Ronaldo juga akan memutuskan hal yang sama. Padahal dunia sepak bola masih saja ramai karena ulah mereka berdua. Persaingan yang akan sangat berkesan dalam sejarah sepak bola Indonesia. Persaingan yang suatu hari akan diingat sebagai pertarungan legenda.

Ini adalah sebuah PR besar bagi para pemain muda. Morata, Pogba, Griezmann, Donnarumma, dan sederet pemain muda lainnya, harus berjuang untuk bisa sukses seperti para pendahulunya. Entah akan ada persaingan yang sepadan dengan Messi-Ronaldo atau tidak, yang terpenting adalah mereka layak untuk menjadi yang terbaik dari yang terbaik.

Legenda adalah cermin, maka pesepak bola muda perlu untuk berkaca dari mereka. Mengambil segala hal yang baik tentang mereka. Mengambil semangat dan cerita inspiratif yang sudah mereka susun selama menjadi pemain sepak bola dunia. Semoga saja itu semua bisa memotivasi pemain muda untuk bisa melakukan sesuatu yang lebih dari para legendanya.

Sumber gambar: www.sumberbola.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Badan Konservasi Alam Liar (IUCN) Masukkan Populasi Jerapah Dalam Daftar Hewan yang Rentan Punah

Badan Konservasi Alam Liar (IUCN) Masukkan Populasi Jerapah Dalam Daftar Hewan yang Rentan Punah

Civitas Akademika Tanggapi dan Diskusikan Rapor 3 Tahun Pemerintahan Jokowi JK

Civitas Akademika Tanggapi dan Diskusikan Rapor 3 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK