uget uget: Pelawak Nggak Lucu Tapi Laku Keras: Iiih

Pelawak Nggak Lucu Tapi Laku Keras: Iiih

UGETUGET — Sekarang ini banyak pelawak nggak lucu tapi laku keras. Mereka ini kebanyakan adalah pelawak jadi-jadian, biasanya pembawa acara yang kemudian menjadi pelawak karena dianggap bahwa orang menyukai gaya dan cara bicaranya.

Padahal, pada zaman dulu (bukan zaman purba, maksud saya), pelawak memang benar-benar orang yang bisa melucu tanpa dia sendiri tertawa. Contohnya para aktor Trio Warkop yang benar-benar pelawak sejati. Mereka bisa membuat pemirsa tertawa secara alami, tanpa menyinggung perasaan orang lain, tanpa membuka aib orang lain, dan tanpa menyakiti secara fisik.

Banyak sekali pelawak zaman dulu yang lawakannya sampai sekarang masih lucu walaupun sudah diputar belasan kali. Coba saja film-film Trio Warkop, Benyamin S, Gombloh, Kadir, Doyok dan lain-lain.

Mat solar termasuk pelawak zaman sekarang yang lucu. Tapi, dia ini minoritas.

Zaman sekarang keadaan berubah drastis. Tiba-tiba saja orang menjadi pelawak — pelawak nggak lucu — yang muncul di acara-acara komedi seperti Opera Van Java. Dulu ketika OVJ tampil pertama kali saya suka dengan lawakannya karena memang bisa membuat tertawa secara alami. Bukan dibuat-buat apalagi dengan penonton bayaran — penonton alay!

Yang saya maksudkan adalah Denny Cagur dan Wendy Cagur. Para pelawak adalah pelawak nggak lucu yang lawakannya sama sekali enggak lucu. Ketika saya melihat orang ini melucu, saya tidak pernah ketawa sedikit pun. Karena memang tidak lucu sama sekali. Tetapi kedua orang ini sungguh laku keras. Tawaran pekerjaan tidak pernah berhenti mengalir kepada mereka.

Banyaknya job mengisyaratkan bahwa masyarakat Indonesia menyukai mereka. Tapi, tentu saja tidak seluruh masyarakat Indonesia. Mungkin para pelawak nggak lucu ini bisa disebut sebagai artis multitalenta. Bisa ‘melucu’, bisa menjadi presenter, bisa menjadi bintang iklan, bisa bermain film, dan lain-lain. Jadi, wajah mereka selalu tampil di televisi.

Kemudian ada pelawak nggak lucu yang lain. Orang itu bernama Sule. Sule bukanlah pelawak yang bisa membuat saya tertawa. Entah kenapa, mungkin karena raut muka Sule pada dasarnya tidak lucu. Beliau ini lebih cocok menjadi presenter atau pembawa acara.

Meski begitu, harus saya akui bahwa Sule memang mampu membuat sebuah acara menjadi lebih menarik. Tapi, yang patut dibanggakan adalah Sule ini termasuk orang yang cerdas. Setiap kata-katanya tidak kosong. Mungkin karena ini juga membuat lawakannya tidak lucu.

Ketika bermain di OVJ, Sule adalah salah satu aktor lawak yang mampu membangkitkan suasana lucu. Tetapi yang membuat lucu menurut saya bukanlah Sule, melainkan Azis Gagap. Azis Gagap ini orang yang lucu karena cara bicaranya yang gagap dan tidak pernah tertawa ketika membawakan sebuah lawakan.

Sedangkan OVJ yang sekarang saya sudah tidak pernah melihatnya lagi karena memang tidak lucu sama sekali. Lebih mirip acara Facebooker di ANTV. Banyak sekali penonton alay, dan lucunya juga dibuat-buat. Meskipun masih tetap ada Azis Gagap, tetapi saya tidak suka melihat lawakan para pelawak nggak lucu itu: Deni Cagur dan Wendy.

Apalagi Uus, lawakannya sangat tidak lucu bahkan cenderung garing. Jadi, begitulah pelawak zaman sekarang. Lucunya dibuat-buat dan banyak buka aib.

Siapa pelawak nggak lucu wajahnya, tapi lucu materinya?

Terlepas dari OVJ, menurut saya pelawak Indonesia yang paling lucu dan cerdas adalah Cak Lontong. Beliau ini adalah seorang pelawak Stand Up Comedy sehingga dari kata-katanya bisa muncul lawakan yang segar dan cerdas. Jadi, seorang komika membutuhkan skill yang bagus. Saya pikir tidak mudah melawak secara solo.

Meskipun Cak Lontong memiliki raut muka yang serius, tetapi ketika ngomong lucunya keluar. Walaupun yang diomongkan itu sesuatu yang serius, tetapi ujung-ujungnya lucu. Seperti ngomong politik kemudian tiba-tiba berbalik arah menjadi sesuatu yang lucu. Itu sulit dilakukan loh. Setidaknya bagi saya.

Sudahlah, daripada menggunjingkan pelawak nggak lucu, saya mau nonton Cak Lontong saja.

Sumber gambar: Captured from YouTube.

1

Yuk, Dapetin Konten Keren di Email

Kita pilihkan konten yang pasti kamu suka. Masukkan emailmu