Pelajaran Hidup dari Plato yang Bisa Membuat Kita Lebih Bijaksana
Sumber gambar: intisari.grid.id
in

Pelajaran Hidup dari Plato yang Bisa Membuat Kita Lebih Bijaksana

UGET UGET – Dalam hidup ini, kita sering membaca quotes atau kata-kata mutiara yang bisa kita jadikan penyemangat dalam hidup ini. Di antara banyak quotes yang tersebar di mana-mana, ada beberapa quotes yang juga merupakan pelajaran hidup dari Plato yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kata-kata tersebut bisa menjadi pelajaran hidup sekaligus motivasi untuk menjadi lebih baik lagi.

Kita tentu sering mendengar nama Plato. Filsuf Yunani itu banyak memberikan kata-kata mutiara yang terkenal hingga kini. Dilangsir dari Ideapod, di bawah ini ada beberapa pelajaran hidup darinya yang jika kita lakukan bisa membuat kita lebih bijaksana.

Satu, kebaikan adalah kunci.

Terkadang orang baik dengan kita hanya karena dia mengharapkan sesuatu dari kita saja. Dengan kata lain, dia menginginkan sesuatu dibalik kebaikannya. Kita memang harus tahu apa motif dibalik semua itu. Namun, terlepas dari itu semua, kita harus tetap baik kepada siapa saja. Kita pun harus baik terhadap siapapun, bukan hanya karena membutuhkan orang itu saja.

Dua, berpikirlah sebelum berbicara.

Mungkin kata-kata ini sudah sering kita dengar. Plato mengatakan, “Orang-orang bijak berbicara karena mereka memiliki sesuatu untuk dikatakan, sedangkan orang bodoh berbicara karena mereka harus mengatakan sesuatu.”

Akhir-akhir ini, sepertinya terasa sulit bagi seseorang untuk hanya menyimpan pemikirannya bagi dirinya sendiri saja. Di zaman serba canggih ini, ada banyak kesempatan untuk mengumbar suara di online ataupun di tempat-tempat umum. Kita juga sering menjumpainya di media sosial. Plato mengingatkan kita untuk berbicara hanya jika ada manfaatnya saja. Bukan sekadar mengumbar suara tidak penting karena nafsu pribadi.

Ketiga, berani memulai.

“The beginning is the most important part of the work.” – Plato

“Permulaan adalah bagian terpenting dari sebuah pekerjaan.” Jika kita tidak memulainya, maka tidak akan ada pekerjaan itu. Bagaimanapun, kita membutuhkan aksi. Kita perlu untuk memulai segala hal baik yang kita rencanakan. Tanpa sebuah permulaan, kita tidak akan bisa belajar dan mendapatkan apa-apa.

Keempat, lakukan hal-hal baik.

Melakukan hal-hal yang baik akan bisa membuat kita lebih baik dan memberikan kekuatan kepada diri kita sendiri. Selain itu, melakukan hal-hal baik juga dapat memberi contoh yang baik sekaligus menginspirasi orang lain. Kita tidak cukup jika hanya sekali saja melakukan hal-hal yang baik. Kita harus bisa konsisten dalam kebaikan.

Kelima, gunakan kekuatanmu untuk hal-hal yang baik.

Sebenarnya setiap orang memiliki sesuatu untuk berbagi dengan orang lain, meskipun dia tidak menyadarinya. Selalu ada sesuatu dalam diri kita yang dibutuhkan oleh dunia. Apapun itu, jika sudah tiba waktunya, gunakan kekuatan kita untuk melakukan hal yang baik-baik. Buatlah dunia menjadi lebih baik dengan power yang kita miliki, bukan sebaliknya.

Keenam, jangan berhenti belajar.

Dunia ini penuh dengan banyak hal luar biasa untuk dipelajari. Jangan biarkan dirimu puas dan berhenti belajar dari segala hal yang ada di dunia ini. Karena di luar sana, ada banyak hal yang menunggu untuk kita pelajari dan kita mengerti.

Sumber gambar: intisari.grid.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

E-Skin Bantu Kembalikan Fungsi Kulit Pada Bagian Tubuh yang Diamputasi

E-Skin Bantu Kembalikan Fungsi Kulit Pada Bagian Tubuh yang Diamputasi

Wisata Taman Glugut di Yogyakarta Yang Unik dan Sedikit Nyentrik