Pecandu Bakmi Jawa Harus Coba Yang Satu Ini Nih
Sumber gambar: simburnaikupdate.wordpress.com
in

Pecandu Bakmi Jawa Harus Coba Yang Satu Ini Nih

UGET UGET – Seharusnya kecenderungan seseorang terhadap bakmi harus bergeser ke arah yang lebih alami. Seperti kita ketahui sendiri kalau bakmi modern sekarang ini sering dikabarkan mengandung boraks, meskipun pemerintah melarang dan penjualnya sendiri juga sudah mengklaim kalau bakmi yang dijualnya tidak mengandung boraks. Tapi, apa mau rugi? Konon kabarnya selalu ada boraks pada bakmi. Tapi pernyataan ini juga belum sepenuhnya benar 100%.

Yang saya maksudkan dengan bergeser ke alami adalah kenapa tidak melirik bakmi lethek. Dalam bahasa Indonesia lethek berarti kusam atau kotor. Bakmi lethek adalah makanan khas Imogiri Bantul yang dibuat tanpa bahan pengawet dan pewarna sehingga warnanya kurang menarik dan daya tahan bakmi lethek tidak terlalu lama. Kabarnya hanya satu hari saja bakmi lethek sudah mulai basi.

Bakmi lethek yang dihasilkan di Imogiri diolah menjadi bakmi godhog dan bakmi goreng yang dijual pada waktu malam hari atau dijual dalam bentuk bungkusan di pasar tradisional. Harganya sangat murah, sebungkus bakmi lethek hanya Rp1.000. Sedangkan bakmi godhog yang dijual malam hari mulai dari Rp10.000.

Di kota Yogyakarta kamu pasti jarang sekali menemui bakmi godhog atau bakmi Jawa yang menggunakan bahan baku bakmi lethek dari Imogiri. Kalaupun ada yang menjual hanya beberapa warung saja, karena memang secara fisik rupa bakmi ini tidak menarik, jadi tidak banyak yang menjualnya. Lebih menarik bakmi kuning atau bakmi telur. Tapi sebenarnya rasa bakmi lethek lebih enak dan lebih lezat.

Pengin mencoba? Langsung saja berburu bakmi Jawa yang dibuat dari bakmi lethek di kawasan Imogiri ketika malam hari. Di sana kamu tidak akan menemui telur ayam yang dicampur ke dalam bakmi, tetapi pasti menggunakan telur bebek. Kalau di kota atau bagian utara Yogyakarta ada yang menjual bakmi Jawa dengan telur ayam kota atau broiler. Rasanya berbeda antara telur bebek dan telur ayam apalagi ayam broiler.

Bakmi jawa dengan telur bebek rasanya lebih gurih, lebih kental dan mirasa. Coba saja datang ke Imogiri waktu malam hari. Rasa bakmi Jawa di sana lebih lembut, karena memang bakminya tidak menggunakan pengawet. Kalau kamu memesan bakmi godhog, Saran saya langsung dimakan begitu sudah mulai menurun suhunya, karena karakteristik bakmi lethek akan cepat menyerap kuah. Kalau terlalu lama akan jadi bubur bakmi. Sebenarnya inilah kekurangan bakmi lethek.

Sumber gambar: simburnaikupdate.wordpress.com

Written by Bimo

Web developer, menggunakan CakePHP sebagai inti pengembangan situs dan wordpress untuk bermain blog. Kadang-kadang menulis, coding. Suka bersepeda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Untung Rugi dalam Gol Salah

Untung Rugi dalam Gol Salah

Madinat al-Zahra Spanyol, Bukti Cinta Raja Pada Sang Kekasih

Madinat al-Zahra Spanyol, Bukti Cinta Raja Pada Sang Kekasih