Sumber gambar: rmolsumsel.com (Pasar Malam Sekaten yang ramai dikunjungi masyarakat).
in

Pasar Malam Sekaten Dan Awul-Awul

UGETUGET | Jika berbicara soal Pasar Malam Sekaten, pasti kalian juga tak akan lupa membicarakan tentang awul-awul. Lalu apa dan bagaimana sih Sekaten itu?

Sekaten merupakan pasar malam yang diadakan di alun-alun utara Yogyakarta saat bulan Mulud (kalender Jawa).

Selain berisi penjual makanan dan minuman, ada beberapa atraksi di perayaan ini. Semuanya bisa dinikmati pengunjung secara cuma-cuma alias gratis. Keramaian ini merupakan kegiatan awal sebelum acara Sekaten itu sendiri.

Ada ribuan penjual dan ratusan kios yang membuka lapaknya di event tahunan ini. Mulai dari makanan, buah-buahan, mainan anak, sepatu, peralatan rumah tangga hingga peralatan elektronik, dan tentu saja busana, seperti baju batik dan awul-awul yang jadi lapak primadona bagi para pengunjungnya. Seolah jadi ikon dalam perayaan Sekaten ini.

Yap. Awul-awul atau yang sering disebut juga bursa pakaian bekas impor ini selalu dipadati oleh banyak pengunjung di setiap harinya loh gaes.

Pasar Malam Sekaten yang ramai dikunjungi masyarakat
Sumber gambar: rmolsumsel.com (Pasar Malam Sekaten yang ramai dikunjungi masyarakat).

Karena saking murahnya, ternyata awul-awul ini pasti menjadi jujugan oleh para pengunjung dari segala usia.

Tak hanya murah, banyak pengunjung berpendapat bahwa awul-awul termasuk barang berkualitas yang tak kalah dengan yang ada di toko.

Pakaian bekas ini diperoleh dari dalam dan luar negeri, umumnya dari secondhand yang sengaja dijual karena sudah usang, ataupun secondhand yang memang ditinggalkan pemiliknya seperti di hotel atau penginapan.

Pakaian-pakaian bekas impor ini ditumpuk begitu saja di atas kotak-kotak kayu hingga menggunung. Nah, para pembelinya dipersilakan untuk membongkar tumpukan pakaian tersebut demi mencari dan menemukan pakaian yang diinginkan.

Jika kalian rajin memilih niscaya kalian akan mendapat pakaian bermerek asli dengan harga yang sangat amat murah dan tentunya berkualitas!

Berbagai model pakaian bisa kamu jumpai disana, mulai dari pakaian sehari-hari hingga pakaian dengan rancangan aneh dan unik yang tak biasa dikenakan oleh orang Indonesia.

Meski berlabel pakaian bekas, namun rata-rata pakaian di awul-awul masih dalam kondisi baik dan layak pakai kok.

Hampir semua pakaian yang dijual memiliki harga yang pas dan tidak terlalu mahal. Tapi jika kalian membeli bebrapa potong pakaian, pasti kalian akan mendapat potongan harga juga lho.

Banyak banget penjual awul-awul di pasar malam ini, yang paling banyak ada di sisi selatan atau tepatnya di depan keraton. Jadi, kamu tetep harus masuk dulu ke dalam pasar malamnya.

Written by Rizky

Manusia Rock n Roll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Sajian Kuliner Hangat yang Enak Dinikmati Ketika Hujan

Sajian Kuliner Hangat yang Enak Dinikmati Ketika Hujan

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Berhenti Bermain Mobile Legends

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Berhenti Bermain Mobile Legends