Pantai Nglambor, Pantai yang Cocok Buat Snorkeling
Sumber gambar: obyekwisatagunungkidul.com
in

Pantai Nglambor, Pantai yang Cocok Buat Snorkeling

UGETUGET | Berbeda dengan pantai-pantai Gunungkidul lainnya, di Pantai Nglambor kamu tidak hanya bisa berenang namun juga bisa menjajal aktivitas snorkeling. Bermodalkan snorkel, kamu bisa melihat indahnya kehidupan di bawah laut.

Pantai-pantai di Pesisir Selatan Yogyakarta memang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia yang berombak ganas. Namun bukan berarti semua pantai tidak bisa digunakan untuk berenang.

Di Gunungkidul terdapat pantai indah yang lokasinya terlindung oleh pulau karang, sehingga ombak di pantai tersebut cukup tenang dan aman untuk berenang.

Tidak hanya itu, jika kamu berkunjung ke pantai ini kamu bisa melihat kehidupan biota bawah lautnya dengan cara snorkeling. Pantai tersebut adalah Pantai Nglambor.

Bersnorkeling diantara karang di Pantai Nglambor
Sumber gambar: jejaktraveler.com

Pantai Nglambor memang tidak seluas Pantai Sepanjang atau seindah Pantai Indyaranti, namun pantai ini memiliki keunikan yaitu bisa digunakan untuk snorkeling.

Kondisi perairan di pantai yang menyerupai cekungan ini terbilang aman untuk berenang dan snorkeling karena ada dua bukit karang yang terletak di tengah laut.

Bukit karang yang bentuknya menyerupai kura-kura raksasa itu berfungsi sebagai pemecah ombak dan penahan gelombang. Sehingga ombak yang sampai ke pantai tidak besar dan cenderung tenang.

Ombak yang pelan menjadikan biota laut dan terumbu karang tumbuh dengan subur. Air di pantai ini pun jernih, sehingga kamu bisa melihat hingga ke dasar laut. Kombinasi itu lantas menjadikan Pantai Nglambor cocok digunakan sebagai lokasi snorkeling.

Ketika kelompok Nglambor Bintang Snorkeling mulai mempromosikan wisata ini, Nglambor pun mulai dikenal wisatawan dan kini berkembang menjadi salah satu destinasi wisata bahari favorit di Gunungkidul.

Snorkeling melihat ikan yang indah di Pantai Nglambor
Sumber gambar: pantainglambor.com

Meski sudah ramai dikunjungi wisatawan, kondisi Pantai Nglambor masih alami dan bersih. Garis pantai di sini tidak begitu luas, sehingga tidak cocok digunakan untuk bermain voli pantai atau berjemur.

Pasirnya juga sedikit berbeda, tidak halus seperti pasir hitam melainkan sedikit kasar. Hal ini dikarenakan pasir Pantai Nglambor terbentuk dari pecahan cangkang biota laut dan karang yang tergerus ombak terus-menerus.

Di Pantai Nglambor kamu bisa memuaskan hasratmu untuk bermain air, mulai dari mandi-mandi, berenang, hingga snorkeling.

Kalau tidak mau basah-basahan, kamu bisa mencari kulit kerang dan batu halus warna-warni, melompat dari satu gugusan karang ke gugusan lainnya, atau trekking mendaki bukit-bukit karang yang memeluk pantai ini.

Ombak yang tenang dan air laut yang jernih membuatmu bisa melihat karang, rumput laut, ikan warna-warni yang berkejaran, serta aneka biota penghuni laut dari permukaan. Berada di Nglambor akan memberimu sensasi perjalanan wisata pantai yang berbeda.

Written by Rizky

Manusia Rock n Roll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Sikap Kekanak-kanakan Saat Pacaran Bisa Jadi Bumerang Bagi Dirimu

Sikap Kekanak-kanakan Saat Pacaran Bisa Jadi Bumerang Bagi Dirimu

Infeksi Telinga Pada Bayi? Ini Gejalanya!

Infeksi Telinga Pada Bayi? Ini Gejalanya!