Pantai Berpasir Putih Pok Tunggal
Sumber gambar: lookjogja.blogspot.co.id
in

Pantai Berpasir Putih Pok Tunggal

UGET UGET – Ada yang pernah bilang dengan nada kecewa jika kebanyakan tempat wisata di Yogyakarta terutama pantai, tidak seindah yang dibayangkan sebab berpasir abu-abu. Namun kekecewaan ini tak akan Anda temui jika sudah menjajal salah satu pantai pasir putih di Jogja ini: Pantai Pok Tunggal.

Pantai Pok Tunggal letaknya memang masih tersembunyi (walaupun sekarang sudah semakin ramai pengunjung), dan untuk mencapai tempat ini Anda bisa menggunakan kendaraan dengan cara menyusuri sisi timur Pantai Indrayanti. Pantai yang cukup ikonik dengan pohon Duras yang konon menjadi cikal bakal penamaan pantai indah ini berlokasi di di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jika ditarik dari pantai-pantai lainnya, lokasi Pantai Pok Tunggal berada di antara Pantai Pulang Syawal (lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti) dan Pantai Siung.

Menawarkan panorama yang indah dengan hamparan pasir putih dan perbukitan karst yang menawan membuat pantai satu ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Meski terbilang sebagai pantai yang cukup baru (sejak 2012), Pantai Pok Tunggal tetap berkomitmen untuk terus menjaga kebersihan demi pelestarian ekosistem dan biota laut. Sebagai bukti terhadap komitmen tersebut, penjaga kebersihan pantai Pok Tunggal pun menetapkan untuk mengenakan denda sebesar Rp 10.000,- bagi para wisatawan yang membuang sampah secara sembarangan.

Meskipun memiliki jarak yang cukup jauh dan rute yang cukup menegangkan, tentu tak membuat gentar bagi para wisatawan untuk tetap berkunjung ke pantai satu ini. Hal tersebut dikarenakan pantai Pok Tunggal memiliki daya tarik tersendiri, dimana hamparan pasir putih dengan gulungan ombak biru yang menghempas indah mampu menjadi penawar lelah bagi para wisatawan.

Pesona tebing-tebing karang menjadi potensi lain dari keindahan ini, karena kawanan monyet liar kerap menampakkan diri dari tebing-tebing tersebut. Berkunjung ke destinasi wisata satu ini tidak perlu merogoh uang yang banyak, karena hanya dengan Rp 3.000,- per motor, Rp 5.000,- per mobil, dan Rp 15.000,- per minibus, Anda dapat menikmati keindahan pantai satu ini.

Namun, menikmati pesona Pantai Pok Tunggal akan kurang lengkap jika Anda tidak meluangkan waktu sejenak untuk melihat fenomena sunset yang sangat eksotik ini. Di samping itu, banyak pula wisatawan yang memanfaatkan kedamaian pantai ini sebagai tempat untuk berkemah dan melepas gundah.

Namun, bagi wisatawan yang ingin sejenak tinggal merasakan nuansa Wonosari, berbagai tempat penginapan juga tersedia di sekitaran destinasi wisata tersebut. Berbagai fasilitas hotel maupun guesthouse juga siap melayani kebutuhan Anda untuk sekadar melepas lelah. Salah satunya adalah Hotel Orchid Wonosari dan Hotel Al Zhara menjadi tujuan penginapan yang paling recommended ketika Anda ingin sejenak untuk bermalam di sekitaran destinasi wisata Pantai Pok Tunggal.

Jika merasa liburan Anda kurang berwarna, berkunjunglah ke Pantai Pok Tunggal maka Anda akan menemukan sensasi dan pengalaman yang tak terbayarkan.

Sumber gambar: lookjogja.blogspot.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Mengerjakan Banyak Hal Sekaligus Disebut Produktif, Benarkah Begitu?

Mengerjakan Banyak Hal Sekaligus Disebut Produktif, Benarkah Begitu?

Headset Canggih Modius, Bisa Kurangi Berat Badan dan Tingkatkan Metabolisme

Headset Canggih Modius, Bisa Kurangi Berat Badan dan Tingkatkan Metabolisme