Skrin

Panji Manusia Milenium, Ingat Super Hero ini?

UGETUGETPanji manusia milenium muncul saat isu kiamat pada tahun 2000 sedang gencar-gencarnya. Saat itu, bangsa Indonesia yang baru saja mengalami krisis finansial tentu saja semakin putus asa.

Maka dimunculkanlah sosok pahlawan untuk membangun optimisme sekaligus menghibur bangsa ini. Apalagi tokoh yang memerankan serial ini merupakan aktor ganteng yang sedang naik daun di masa itu, Primus Yustisio.

Bisa dibilang panji manusia milenium merupakan super hero gaul dan trendi ketiga setelah Gundala Putra Petir dan Saras 008.

Keunggulan dari serial ini adalah karakter dan alur cerita yang tidak dibuat-buat. Tokoh Panji yang diperankan oleh Primus ini sangat menunjukkan sisi manusianya. Ia bukanlah tokoh protagonis yang selalu baik dan sabar atau pintar. Kadang ia juga bertindak kurang baik, gegabah, serta kurang responsif.

Tetapi, justru hal itu sangat manusiawi. Itulah yang membuat serial ini menarik untuk diikuti.

Saat tahu bahwa serial ini akan diputar di stasiun televisi swasta pada tahun 1999, saya langgsung duduk di depan televisi. Saya tidak ingin kehilangan momen untuk melihat episode pertamanya.

Di episode pertama, Profesor Latief yang diperankan oleh Pangky Suwito sedang dikejar-kejar oleh mafia. Ia menitipkan penemuannya yang paling berharga kepada Profesor Adam. Ia mengatakan bahwa alat atau penemuannya tersebut mempunyai lima kehebatan dan dapat membuat seseorang menjadi digdaya.

“Lima kehebatan? Apa saja kehebatannya?” tanya Prof Adam.

“Semua keterangannya ada di dalam CD-Rom di dalam bungkusan ini. Profesor tinggal menyetelnya saja, dan Profesor akan tahu semuanya,” jawab Prof Latief.

Menurut saya, itu dialog yang kocak. Baik pertanyaan maupun jawabannya bikin ngakak.

Kemudian, adegan di mana Panji menemukan kekuatan supernya pun tak kalah ndagel. Ia menemukan bungkusan di dalam tas belanjaannya. Saat dibuka, isinya seperti mainan Playstation dan ada tabung yang dilabeli sebagai “Surat Penting”.

Di sana tertera bagian pembukaan surat. Hal yang paling lucu adalah ada tulisan “Petunjuk Operasional Gelang Ini” yang isinya ada lima:

  • Untuk mengeluarkan api.
  • Udara
  • Air
  • Menghilang
  • Terbang

Apalagi setelah CD-ROM yang dimaksudkan diputar. Ternyata isinya merupakan petunjuk penggunaan yang sangat detil. Gokil dan sangat realistis! Super hero mana pun pasti butuh latihan dan adaptasi.

Setelah melihat petunjuk penggunaan, maka Panji pun mempraktikkannya. Akhirnya Panji si manusia yang kurang tanggap pun berhasil berubah menjadi Panji Manusia Milenium.

Sumber gambar: www.fjackets.com

Bagikan artikel ini:

Leave a Comment

Pingin konten seru tiap hari?

Dapetin konten menarik di emailmu

Makasih bro, tunggu konten dari kami ya

Ada kesalahan, coba ulangi lagi