Palafuli, Restoran Empal Gentong Recommended di Yogyakarta
Sumber gambar: Elisabet Selsyi - ugetuget.com
in

Empal Gentong Palafuli, Restoran Empal Gentong Recommended di Yogyakarta

UGET UGET – Wisata kuliner menjadi aktivitas seru yang bisa kamu lakukan kapan pun untuk mengeksplorasi cita rasa makanan nusantara. Empal gentong merupakan makanan khas Cirebon, Jawa Barat. Seperti kita tahu, empal gentong berisi irisan daging sapi, usus, juga babat yang disajikan dengan kuah kuning. Dari sekian banyak restoran empal gentong, ada salah satu yang menarik perhatian, yang letaknya ada di Resto Taman Kuliner R37, Condong Catur, Yogyakarta.

Empal gentong satu ini menggunakan nama yang terbilang unik, yakni Palafuli. Saya beruntung sempat berbincang dengan pemiliknya beberapa waktu lalu. Dia adalah Elsa Irawan, perempuan muda berusia 26 tahun yang ada di balik usaha empal gentong ini. Rupanya usaha ini berawal dari kesukaannya pada empal gentong.

Pengusaha muda lulusan UII Ekonomi 2010 ini membuka usahanya secara mandiri sejak akhir Januari 2016. Sebelumnya Elsa sempat berkiprah di usaha baju dan binder, namun kali ini ia memilih fokus di bidang kuliner. Besar keinginannya kala itu ingin membuka warung makan yang berisi masakan serba empal. Jika ingin menjajal empal gentong ini kalian bisa datang langsung. Palafuli buka mulai hari Senin sampai Jumat, pukul 11.00 s.d. 17.00 WIB.

Empal Gentong Palafuli, Restoran Empal Gentong Recommended di Yogyakarta
Sumber gambar: Elisabet Selsyi – ugetuget.com

Menengok lebih dalam, nama Palafuli cukup membuat saya penasaran. Sebas sekilas, unsur empal gentong tak nampak dari nama tersebut. Setelah ngobrol lebih jauh, ternyata nama Palafuli berfilosofi dari pala yang berarti biji dan fuli yang berarti selaput.

Palafuli ini ingin menyampaikan makna bahwa di balik rasa rempah yang dihasilkan dari biji pala, ada daging empal yang khas menyelimuti dan menyempurnakan masakan ini. Begitu kata Elsa kala itu.

Oiya, untuk satu porsi empal kalian bisa mendapatkannya seharga Rp 15.000 saja lho. Harga segitu, saya rasa cukup sebanding dengan rasa empal gentong Palafuli yang begitu kaya rempah. Bagaimana tidak, Elsa menggunakan bumbu empal gentong lengkap, tanpa ada yang terkecuali.

Dalam setiap sesapan kuahnya begitu terasa campuran bumbu soto, pala, kayu manis, cengkeh, santan, juga laos, salam, dan tak lupa bawang merah dan bawang putih. Dalam satu porsi empal gentong ini pun lengkap disajikan dengan telur, ketupat, taburan bawang goreng, daun bawang, dan kerupuk. Pokoknya maknyus!

Palafuli, Restoran Empal Gentong Recommended di Yogyakarta
Sumber gambar: Elisabet Selsyi – ugetuget.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Beli Botol Minum Lucu, Cara Siasati Agar Kamu Rajin Minum Air Putih

Beli Botol Minum Lucu, Cara Siasati Agar Kamu Rajin Minum Air Putih

Ini 5 Penemuan Muslim Mengubah Dunia

Ini 5 Penemuan Muslim yang Mengubah Dunia