Pagar Alam Heritage Trail: Wisata Budaya dan Sejarah Nusantara di Sumatera
Sumber gambar: Colors of Life
in

Pagar Alam Heritage Trail: Wisata Budaya dan Sejarah Nusantara di Sumatera

UGET-UGET | Kota Pagar Alam merupakan salah satu kota yang berada dalam wilayah administratif Provinsi Sumatera Selatan. Sebelumnya, kota ini merupakan bagian dari Kabupaten Lahat. Namun, berdasarkan Undang-undang Nomor 8 Tahun 2001 (Lembaran Negara RI Tahun 2001 Nomor 88, Tambahan Lembaran Negara RI Nomor 4115), Pagar Alam menjadi kota sendiri.

Pagar Alam Heritage Trail: Wisata Budaya dan Sejarah Nusantara di Sumatera
Sumber gambar: Colors of Life

Kota seluas 633.66 km2 ini berjarak 298 km dari kota Palembang dan sekitar 60 km di sebelah barat daya Kabupaten Lahat. Terkenal akan kesejukan hawa gunung, perkebunan teh, kopi hutan dan desa-desa tua, menjadikan Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan Pemerintah Daerah mengadakan Pagar Alam Heritage Trail.

Berada di ketinggian 100-1000 mdpl dan berada di kaki Gunung Dempo, kota ini kaya potensi wisata alam. Masih ada perkebunan teh dan kopi hutan. Tak ketinggalan warisan kebudayaan Megalitikum.

Pagar Alam Heritage Trail

Selama 4 hari, peserta Pagar Alam Heritage Trail akan diajak untuk menyusuri perkebunan, melintasi desa-desa tua dan menikmati aroma kopi hutan. Kekayaan alam Gunung Dempo yang dihiasi bebatuan cadas, tentu akan memacu adrenalin Anda ketika petualangan dimulai.

Untuk penelusuran jejak warisan bersejarah, akan dimulai dari Gua Macan. Konon, Gua ini menjadi titik awal migrasi manusia. Setelah itu, peserta akan diajak menyusuri situs-situs Megalitik dan danau di kaldera Dempo.

Menurut catatan sejarah, bebatuan yang terdapat di Gunung Dempo merupakan bebatuan yang digunakan oleh manusia prasejarah untuk membuat Arca, Dolmen, Menhir, Makam Batu, Lesung Batu dan sebagainya.

Selain menawarkan penelusuran sejarah, Anda juga bisa menikmati beberapa destinasi wisata lain. Di antaranya adalah Danau Merah Rimba Candi, Tebat Gheban, Rimba Candi, Air Terjun Curup Mankok, Curup Tujuh Kenangan dan Air Terjung Lematang Indah.

Diselenggarakan pada tanggal 8 hingga 11 Agustus mendatang, bersiap-siaplah menikmati petualangan di Kota Pagar Alam ini.

Akses dan Akomodasi

Akses menuju Kota Pagar Alam terhitung mudah. Anda bisa menggunakan perjalanan darat atau udara. Jika melalui jalur darat, Anda bisa menuju Pagar Alam dari dua kota terdekat: Palembang dan Bengkulu. Jarak Palembang Palembang-Pagar Alam 280 km, sedangkan jarak Bengkulu-Pagaralam 169 km.

Jika ingin menggunakan pesawat, Anda bisa memulai penerbangan dengan tujuan Palembang. Setelah itu, Anda melanjutkan perjalanan dengan penerbangan dari Palembang dengan tujuan Bandara Atung Bungsu, Pagaralam.

Untuk akomodasi tidak perlu khawatir. Banyak jenis homestay atau hotel yang bisa Anda nikmati di Kota Pagaralam. Nah, tunggu apa lagi?

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Maha Kuasa Netizen Iis Dahlia

Maha Kuasa Netizen dengan Segala Kebenarannya Membully Iis Dahlia

Proses Pengayaan Kosakata Bahasa Indonesia Bagi Anak dengan Media Komik

Proses Pengayaan Kosakata Bahasa Indonesia Bagi Anak dengan Media Komik