Sekitar 60-80% Keputusan Sehari-hari Otak Manusia Dibuat Tanpa Sadar
Sumber gambar: www.lifescriptdoctor.com
in

Sekitar 60-80% Keputusan Sehari-hari Otak Manusia Dibuat Tanpa Sadar

UGET UGET – Manusia dinilai sebagai ciptaan Tuhan yang paling pintar dan beradab. Sebab manusia dianugerahi kapasitas otak untuk berpikir. Namun sehebat apapun itu, otak manusia tetap mempunyai kekurangan.

Salah satu kelemahan otak manusia adalah sebagian besar keputusan di buat tanpa disadari sepenuhnya. Seperti mematikan lampu, menutup pintu, ini merupakan kegiatan yang sering kali kamu lupakan. Apakah kamu sering mengalami seperti ini? Jangan langsung menuduh diri sendiri pelupa, karena ini memang kelemahan bagi sebagian besar manusia.

Dilansir intisari.grid.id, faktanya 60-80% keputusan sehari-hari dibuat tanpa sadar. Setiap detik otak kita menerima jutaan unit data. Sedangkan guna mencegah kelelahan otak berlebih, beberapa pekerjaan terdegradasi ke alam bawah sadar.

Memang akan ada banyak sekali informasi yang kita terima setiap harinya. Otak kita akan dengan sendirinya memilah informasi yang dirasa penting. Inilah yang membuat seringkali segala sesuatu yang sifatnya sepele, akan kita lupakan.

Ada beberapa hal yang kita lakukan secara otomatis, seperti mengunci motor, mematikan lampu, mencabut kabel charger handphone, mematikan AC, menyimpan barang, atau menutup pintu. Keputusan kita untuk melakukan hal-hal ini biasanya dilakukan sebagai bentuk refleks yang tanpa perlu berpikir panjang.

Namun, ini sering menimbulkan keraguan dalam diri kita. Saking cepatnya kita melakukan keputusan kecil tersebut, otak kita bahkan belum sempat mengingatnya. Sehingga sering secara tiba-tiba kita mulai resah, apakah sudah mengunci pintu rumah atau belum.

Iya kalau di rumah ada orang lain yang bisa diserahi tanggung jawab. Namun, kalau tidak, bisa jadi hal ini akan terus membuatmu gelisah dan tidak nyaman. Sikap seperti ini memang terkesan ceroboh.

Hal yang sama mungkin sering terjadi ketika kita hendak pergi ke suatu tempat sebagai bagian dari rutinitas. Saat berkendara dengan naik motor, pasti kalian pernah merasa tiba-tiba sudah sampai di tempat tujuan.

Tangan kita dengan sendirinya membelokkan stang motor ke arah yang hendak kita tuju. Nah, inilah yang alam bawah sadar kita rekam. Begitu sampai tempat tujuan, kita tidak begitu ingat apakah tadi ada banner terpampang di suatu tempat, apa saja aktivitas orang lain di jalan, dan sebagainya.

Sejatinya kegiatan apa saja yang kita anggap sepele sering kali kita lupakan begitu saja. Bahkan sarapan pagi kalau tidak disadari juga bisa dengan mudah dilupakan. “Tadi tuh aku makan pakai apa ya, kok lupa,” sering sekali seperti ini. Jangankan makan, bahkan mandi, tidur saja bisa kita lupakan kalau kita tidak menyadari sepenuhnya.

Maka hal yang bisa kita lakukan adalah berusahalah untuk menyadari penuh apa yang sedang kamu lakukan. Fokuslah pada apa yang saat ini kita kerjakan. Sebab kita tidak hidup di masa lalu, atau masa depan, melainkan kita hidup pada saat ini.

Sumber gambar: www.lifescriptdoctor.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Sudah Akrabkah dengan Kementrian Paling Gokil Se-Indonesia

Sudah Akrabkah dengan Kementrian Paling Gokil Se-Indonesia?

Tahun Baru Amunisi Baru dan Harapan Baru

Tahun Baru, Amunisi Baru, dan Harapan Baru