Orang Tua Perlu Awasi Penggunaan Gadget Pada Anak
Sumber gambar: family.fimela.com
in

Orang Tua Perlu Awasi Penggunaan Gadget Pada Anak

UGET UGET – Orang tua perlu tahu bahwa anak muda zaman sekarang yang akrab disebut dengan generasi millenial begitu tergantung dengan teknologi. Mereka seakan tak bisa lepas dari teknologi dalam kesehariannya, seperti gadget, laptop, dan sebagainya. Tak heran anak muda sekarang memunyai sifat yang egois, bandel, manja, dan narsis.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh seorang psikolog bernama Jean Twenge yang juga penulis buku Generation Me. Dilansir infia_fact, Jean mengatakan bahwa anak muda zaman milenium cenderung merasa lebih, dibandingkan orang tua mereka dan menganggap diri mereka di atas rata-rata.

Sifat ini memang identik dengan rasa percaya diri yang besar. Anak muda zaman sekarang bagaikan sistem OS keluaran terbaru yang jauh lebih mumpuni dalam menguasai perkembangan teknologi. Berbeda dengan orang tua yang begitu tergopoh-gopoh dalam memelajari teknologi.

Apalagi sekarang kita dihadapkan pada dunia yang serba canggih. Ini yang membuat mereka merasa jauh lebih cerdas daripada orang tua mereka. Bahkan orang tua belajar teknologi pada mereka. Ini yang membuat mereka seperti punya kekuasaan (power). Saat seperti inilah yang memunculkan sifat bandel dan manja.

Contoh kecilnya saat ini generasi milenium seakan tak bisa lepas dari koneksi internet. Wifi menjadi kebutuhan dasar yang harus dipenuhi. Waktu berjam-jam mereka habiskan untuk berselancar di internet hingga lupa pada kewajiban sebagai anak untuk membantu orang tua.

Ini juga bisa menjadi faktor anak menjadi pribadi yang manja. Hidupnya jauh lebih mudah sehingga tantangannya jauh lebih kecil. Tidak seperti para orang tua zaman dahulu yang untuk mencari informasi saja masih kesulitan.

Tak hanya itu, saat ini anak muda telah begitu canggihnya menguasai sebuah permainan/game. Game yang sedang booming saat ini, yakni Mobile Legend (ML) juga menjadi cikal bakal sikap manja dan pemalas pada anak. Bahkan tak jarang kita temui realitas di mana sekumpulan anak muda nongkrong bersama hanya untuk main ML.

Teknologi apabila tidak dibatasi penggunaannya bisa menyebabkan kecanduan. Apalagi saat ini teknologi menawarkan inovasi aplikasi baru yang menarik. Sehingga wajarlah apabila generasi milenium sering asyik sendiri dengan gadgetnya.

Hal tersebut selaras dengan yang dikatakan Jean. Dia mengatakan bahwa generasi milenium ini memiliki skor yang tinggi dalam tes narsisme. Saya rasa ini memang benar. Lihat saja perilaku anak zaman sekarang yang seakan tak pernah lepas dari aktualisasi diri di berbagai platform, media sosial dan aplikasi chattingnya. Mereka menemukan kebahagiaan di sana.

Masih menurut Jean, gaya anak zaman sekarang ini juga didukung dengan buku dan lagu-lagu untuk anak muda yang mengarahkan mereka untuk fokus pada diri mereka sendiri. Secara tidak langsung itupun bisa memengaruhi tingginya rasa egois mereka.

Menurut saya ini dapat dilihat dari lagu Tak Tahu Malu milik Atmosfera yang mengundang banyak perhatian orang untuk membuat transisi gerakannya. Di akun instagram @tittokgeneration saja, sudah banyak sekali video dibuat yang isinya tak lain adalah dengan membuat gaya yang menggambarkan lirik lagu tersebut.

Saya rasa fenomena semacam ini semakin membuat anak muda semakin terpusat pada dirinya sendiri. Semua orang mengejar eksistensi diri di jagat maya. Penggunaan gadget pada anak tetap membutuhkan perhatian dari orang tua. Maka, orang tua harus lebih peduli terhadap akses informasi si anak.

Ajak pula anak untuk berkegiatan. Upayakan agar anak terlibat dengan lingkungan sosialnya. Sehingga anak tidak akan memelihara sifat buruk pada dirinya.

Sumber gambar: family.fimela.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Menghargai Diri Sendiri Dapat Membuat Hidup Bahagia

Menghargai Diri Sendiri Dapat Membuat Hidup Bahagia

Dalam Hubungan, Hilang Tanpa Kabar Adalah Tanda Kamu Seorang Pengecut

Dalam Hubungan, Hilang Tanpa Kabar Adalah Tanda Kamu Seorang Pengecut