Oliver Kei Si Anak Bulan
Sumber gambar: metro.co.uk
in

Oliver Kei Si Anak Bulan

UGET UGET – Masa kanak-kanak adalah masa bermain. Alangkah menyenangkan bisa bebas bermain bersama teman-teman, tanpa perlu dibebani dengan hal apapun. Namun, tidak untuk Oliver Kei, seorang bocah tujuh tahun kelahiran Quartz, California, yang harus selalu mengenakan baju pelindung karena penyakitnya. Pasalnya, sejak usia 18 bulan, Oliver didiagnosis menderita xeroderma pigmentosum (XP) yang membuatnya tak boleh terkena terik sinar matahari langsung.

Usia satu tahun enam bulan mungkin menjadi masa di mana anak sudah bisa berlarian. Mungkin saja mereka akan mulai mengeksplorasi lingkungannya. Namun tidak sampai sebuah musibah menimpa Oliver. Ibunya, Noelle Kei, menaruh curiga ketika muncul bintik-bintik hitam pada tubuh Oliver, juga tahi lalat kecil di pipinya.

Benar saja, kulit Oliver tak seperti kulit orang normal yang bisa memperbaiki sendiri kerusakan akibat paparan sinar matahari. Karenanya, Oliver lebih berisiko 1.000 kali lipat terkena kanker kulit. Xeroderma Pigmentosum itu membuat kulit Oliver akan menggelap dan muncul bintik hitam, yang merupakan tanda kerusakan kulit.

Oliver Kei Si Anak Bulan
Sumber gambar: metro.co.uk

Karenanya Oliver tak bisa bebas berkeliaran di siang hari. Kecuali Oliver mengenakan perisainya. Ya, setiap hari, karena kondisinya itu, pada siang hari Oliver harus mengenakan plastik pelindung dan sarung tangan untuk menghindarkan dirinya dari sengatan sinar matahari langsung.

Beruntungnya Oliver memunyai tiga saudara kandung dan Ibu yang begitu pengertian. Noella tak pernah lupa mengoleskan krim tabir surya setiap beberapa jam pada tubuh anaknya. Bahkan, Noella sampai menjahitkan kain yang membuat tubuh aman dari UV.

Tak hanya itu, jendela rumah dan kaca mobil pun dilengkapi dengan film pelindung UV. Begitu pula ruang kelas Oliver yang juga menggunakan bola lampu khusus. Dengan begitu, Oliver masih bisa menjalani hari-hari seperti anak lainnya. Bahkan semua temannya sudah tahu akan penyakitnya dan tak pernah mempertanyakan akan perisai yang selalu dipakai Oliver.

Saudara kandung Oliver juga bersedia saja menemani Oliver bermain di halaman sepuluh menit selepas matahari tenggelam. Saat itu pula, Oliver bebas melepaskan perisai plastiknya. Karenanya, mereka penderita XP biasanya dijuluki anak-anak bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

My Love From The Star, Serial Drama Korea Terbaru

My Love From The Star, Serial Drama Korea Terbaru

Earth God and Earth Grandmother

Earth God and Earth Grandmother