Objek Wisata di Kulon Progo Air Terjun Tersembunyi yang Masih Perawan
Sumber gambar: blog.reservasi.com
in

Objek Wisata di Kulon Progo: Air Terjun Tersembunyi yang Masih Perawan

UGET UGET – Objek Wisata di Kulon Progo, Yogyakarta bisa jadi akan banyak diburu setelah New Yogyakarta International Airport (NYIA) selesai dibangun. Bagaimana tidak? Sebagai kabupaten tempat dibangunnya bandara internasional besar tersebut, tentu Kulon Progo akan banyak dikunjungi wisatawan. Baik wisatawan domestik maupun manca negara.

Saat ini, sebenarnya potensi objek wisata di Kulon Progo sudah mulai banyak terlihat. Dan saya rasa, Kulon Progo tidak akan mengecewakan para pemburu tempat wisata nantinya.

Selain kebun teh dan puncak Suroloyo yang sudah terkenal itu, terdapat banyak sekali curug atau air terjun yang masih perawan di kabupaten ini. Curug atau air terjun tersebut dapat menjadi destinasi wisata yang dijamin dapat memanjakan mata kita.

Sebut saja Curug Siluwok, salah satu air terjun di Dusun Keweron, Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo. Curug indah yang menurut saya masih sangat perawan.

Kalau bicara objek wisata air terjun tentu jarang atau bahkan tidak ada yang dipinggir jalan ya gaes. Meskipun begitu, banyak objek wisata air terjun yang akses dari tempat parkir sudah dipermudah dan diperdekat.

Tetapi, untuk ke Curug Siluwok kita masih membutuhkan perjuangan yang ekstra. Curug ini cukup jauh dari tempat parkiran. Kita perlu berjalan kaki kurang lebih lima belas menit untuk sampai di tempat itu. Jalan yang dilalui adalah jalan setapak  yang bersisihan dengan jurang. Jadi, harus hati-hati ya.

Jangan khawatir, meskipun yang dilewati adalah jalan setapak yang sedikit mengerikan, namun ada balasan setimpal berupa pemandangan indah sepanjang jalan. Udara yang bersih dan sejuk juga menjadi bonus perjalanan kita menuju Curug Siluwok.

Jika merasa lelah, di tengah perjalanan terdapat bangku dari kayu yang dapat kita gunakan untuk istirahat. Bangku tersebut diletakkan di dekat pepohonan yang menurut saya menjadi spot terindah sepanjang perjalanan. Tepat di seberang kanan bangku itu terdapat bukit hijau yang sangat cantik. Rindang dengan pepohonan yang tumbuh menutupi bebatuan dari kejauhan.

Selain beristirahat di bangku tersebut, kita juga dapat berhenti sejenak untuk mengambil foto di sana. Ehem, bisa jadi tempat selfie dengan background pemandangan bukit hijau yang mengagumkan.

Jika sudah melepas lelah di sana, kita dapat melanjutkan perjalanan menyusuri jalan setapak lagi untuk dapat sampai ke Curug Siluwok. Cukup dengan jalan setapak, kini saatnya kita harus menuruni batu-batu untuk sampai ke aliran airnya.

Perjuangan yang tidak sebentar, bukan? Tapi tenang saja, rasa lelah akan terbayar lunas dengan pemandangan air terjun yang indah. Curug Siluwok ini tergolong cukup tinggi. Apalagi kalau musim hujan, tentu air yang mengalir akan lebih deras. Air terjun ini juga bersih dan segar pastinya untuk berenang, yang terpenting tetap jaga keselamatan ya.

Di dekat air terjun juga banyak batu-batu besar. Menimati air terjun dengan duduk di batu-batu itu saja sudah cukup menyenangkan. Apalagi, saat ini air terjun tersebut masih tergolong sepi pengunjung, sehingga suasananya masih sangat tenang.

Bagi yang sudah puas berenang dan duduk-duduk, bisa juga kok iseng menangkap udang kecil di sana. Tapi kalau aliran airnya tidak deras saja ya. Menangkap udangnya pakai tangan saja, biar lebih greget. Biasanya udang-udang kecil itu menari-nari di dekat kerikil kecil di genangan air yang tenang. Kalau kalian tanya menangkap udang untuk apa, jawabannya ya tadi, cuma iseng-iseng saja, tapi boleh banget kalian coba. Seru lhooo.

Curug Siluwok adalah satu dari sekian banyak air terjun yang masih jarang dijamah di Kulon Progo. Segala cerita, tentang perjalanan dan juga keberadaan di curugnya, dijamin membuat kita menyatu dengan alam. Begitupun dengan air terjun Kulon Progo lain yang masih jarang dikunjungi. Curug Perawan Sidoharjo, Curug Cibiru, Curug Setawing, dan curug-curug lainnya pasti memiliki ceritanya tersendiri yang menarik hati.

Sumber gambar: blog.reservasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Kunci Obat Galau Paling Ampuh Cuma Ada Satu, Ini Loh... uget uget

Kunci Obat Galau Paling Ampuh Cuma Ada Satu, Ini Loh Obatnya

Beberapa Hal yang Bikin Kamu Sulit Melupakan Mantan Stop Lakukan Ini! uget uget

Beberapa Hal yang Bikin Kamu Sulit Melupakan Mantan: Stop Lakukan Ini!