Obat Luxturna, Secercah Harapan Bagi Pasien Kelainan Pada Mata
Sumber gambar: www.differencebetween.info
in

Obat Luxturna, Secercah Harapan Bagi Pasien Kelainan Pada Mata

UGET UGET – Seorang pasien yang divonis dokter mengalami kelainan pada mata, seperti kebutaan permanen, tentu membuatnya merasakan kesedihan yang mendalam. Bagaimana tidak, fungsi penglihatan begitu penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Namun kabarnya, buta permanen telah memiliki obatnya.

Sebelum itu, buta permanen adalah ketidakmampuan orang untuk melihat sesuatu bahkan cahaya sekalipun. Biasanya kebutaan ini terjadi secara bertahap, mulai dari penglihatan samar hingga buta total. Penyebabnya pun ada banyak faktor, bisa itu karena infeksi, glaukoma, cedera, katarak, paparan bahan kimia, faktor keturunan, dan sebagainya.

Kebutaan tentu menjadi kengerian tersendiri. Ketidakmampuan untuk melihat tentu membuat seseorang seakan kehilangan dunianya. Apa yang dia lihat hanya gelap, membuat penderitanya sering kali merasa kesepian dan mengurung diri. Namun kabarnya kebutaan permanen bisa disembuhkan dengan obat lho.

Obat ini dikeluarkan oleh sebuah perusahaan farmasi Spark Therapeutics di Philadelphia, USA. Obat ini memiliki khasiat di luar obat biasanya. Obat ini memberikan terapi genetik yang mampu mengobati kebutaan permanen pada mata. Obat ini diberi nama Luxturna. Bentuknya cair yang dikemas dalam botol mika berukuran kecil.

Kabarnya, Luxturna sudah mengantongi persetujuan dari badan obat Amerika Serikat, US Food and Drug Administration. Bahkan, obat ini menjadi obat terapi genetik pertama yang dinilai aman dan diizinkan beredar.

Kamu tidak perlu khawatir akan keamanannya. Sebab Luxturna telah melewati uji coba klinis. Hasilnya obat ini bahkan bisa mengembalikan penglihatan pada beberapa kasus orang dengan gangguan penglihatan yang parah sekalipun.

Sebagai obat terapi, tentu kalian berpikir pasti membutuhkan waktu yang tak instan untuk menunggu obat ini bereaksi. Namun, justru berbeda dengan obat lainnya yang harus dipakai dalam jangka waktu panjang, Luxturna cukup dipakai satu kali pengobatan saja.

Dilansir liputan6.com, Luxturna langsung bekerja pada sumber penyakitnya dengan memperbaiki DNA yang salah sehingga tubuh dapat memperbaiki dirinya sendiri. Maka tak heran harganya cukup fantastis. Bahkan kabarnya, obat ini didapuk sebagai obat termahal di dunia yang sejauh ini pernah ada. Untuk bisa menggunakan obat ini, kamu harus merogoh kocek US$ 850 ribu atau setara dengan Rp 11,4 miliar per buah untuk sepasang mata.

Harga yang cukup bikin geleng-geleng kepala ini, dirasa Chief Executive Officer Spark Therapeutics, Jeff Marrazano, sepadan dengan efek yang ditimbulkannya. Diyakininya, harga yang mahal tersebut dikarenakan obat ini sudah didesain untuk mengobati kebutaan tiap mata. Sehingga kasus kebutaan antara pasien satu dengan lainnya tentu berbeda.

Bahkan antara mata satu dengan mata lainnya juga bisa jadi berbeda, dengan melihat dulu faktor penyebabnya, DNA mana yang rusak atau hilang, dan sebagainya. Selain itu, kasus kebutaan memang tidak selalu terjadi pada kedua pasang mata, karenanya perusahaan ini juga menjualnya setengah harga, yakni US$ 425 ribu untuk satu mata.

Seperti yang telah dipaparkan di atas, Luxturna didesain terlebih dahulu. Cara kerjanya adalah dengan memasukkan salinan gen yang hilang secara langsung ke dalam mata pasien. Dengan begitu, obat ini akan mendorong tubuh untuk menghasilkan protein yang penting untuk penglihatan. Dengan begitu, hasilnya akan tepat sasaran.

Wah dunia kedokteran semakin canggih saja ya. Kalau sudah tahu penyebabnya, tentu ada saja obatnya. Seperti keyakinan banyak orang, setiap penyakit pasti ada obatnya. Penemuan ini tentu menjadi titik terang pengobatan kasus kebutaan permanen. Pun, tentu menjadi secercah harapan bagi para pasien buta permanen untuk dapat melihat dunia. Alangkah senangnya ya.

Sumber gambar: www.differencebetween.info

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Kedamaian Berperan Penting untuk Mencapai Kebahagiaan

Kedamaian Berperan Penting untuk Mencapai Kebahagiaan

Fakta atau Mitos Gigitan Capung Cara Mengatasi Kebiasaan Anak Mengompol?

Fakta atau Mitos: Cara Mengatasi Kebiasaan Anak Mengompol Dengan Capung?