Nyatakan Cinta Lewat Light Painting Photography
Sumber gambar: gtaphotographyclasses.com
in

Belajar Light Painting Photography, Belajar Ungkapkan Cinta?

UGET UGET – Khusus teman-teman yang hobi foto-foto atau baru belajar fotografi boleh dicoba teknik light painting. Teknik light painting photography adalah teknik melukis dengan menggunakan cahaya yang direkam oleh kamera.

Teknik ini khusus digunakan untuk melukis objek diam atau tak bergerak. Mengapa? Karena objek yang diam tidak akan menghasilkan gambar atau foto yang kabur. Dengan begitu, hasilnya akan lebih optimal.

Apa syaratnya? Syarat utamanya adalah ruangan atau tempat yang benar-benar gelap. Kalau dilakukan di indoor harus dipastikan tidak boleh ada sedikit cahaya yang masuk. Jika itu dilakukan di outdoor harus diperhatikan waktunya, yaitu waktunya ketika malam hari dan pastikan tempat yang dipilih itu gelap.

Mengapa? Karena ruangan yang gelap akan menghasilkan cahaya yang bagus sesuai harapan atau keinginan. Apabila ruangan itu masih terdapat sedikit cahaya yang masuk, hasilnya nanti akan berpengaruh pada objek yang dilukis. Objek yang dilukis tersebut akan menghasilkan terlalu banyak cahaya pada daerah sekitarnya.

Selain itu, objek tidak akan terlihat tajam. Padahal, teknik ini diharapkan dapat menghasilkan objek yang tajam dan elegan.

Teknik light painting photography biasanya digunakan untuk memotret produk-produk, misalnya makanan, minuman, dan sebagainya. Selain itu, bisa juga buat dipakai untuk mengungkapkan rasa cinta kepada seseorang, misalnya melukis sebuah kalimat I LOVE YOU. Cara ini mungkin belum banyak dipakai orang lain untuk mengungkapkan rasa cinta. Jadi, bisa dicoba, ya.

Lukisan yang dibuat sebenarnya bebas. Artinya, bisa melukis bentuk-bentuk apapun. Jadi, sekreatifnya saja.

Alat yang bisa digunakan untuk melukis adalah senter. Selain senter sebenarnya bisa, yang penting bisa jadi sumber cahaya. Selain senter, alat yang dibutuhkan adalah tripod, kamera, dan meja atau kursi sebagai tempat menaruh objek, jika objek tersebut membutuhkan tempat yang lebh tinggi. Sebenarnya tripod tidak harus ada, tapi yang terpenting kamera harus bisa diletakkan di suatu tempat yang kurang lebih sejajar dengan objeknya.

Caranya sederhana. Tentukan dahulu ruangan yang gelap. Kemudian, set kamera dengan kecepatan rendah dan gunakan aperture menjadi F8. Pasang kamera dengan tripod dan atur jarak dan fokus kamera dengan objek.

Setelah itu, tekan tombol shutter dengan waktu yang telah diatur sesuai keinginan dan mulai gunakan senter untuk melukis objek sesuai keinginan. Bagian mana saja pada objek yang ingin diberi ketajaman itu tergantung selera. Usahakan tidak berdiri di antara cahaya dan lensa supaya gambar yang dihasilkan tidak terhalang badan. Apabila itu terjadi, hasilnya tampak siluet.

Penggunaan senter untuk melukis tentu tidak sembarangan. Tekniknya adalah tentukan dulu titik-titik mana saja yang akan diberi sinar atau cahaya, kemudian tekan tombol on pada senter untuk satu titik. Setelah selesai pada satu titik, tekan tombol off. Kemudian, tekan tombol on lagi pada titik yang lain. Begitupun seterusnya. Dengan kata lain, tidak menekan tombol on secara terus menerus pada senter supaya hasilnya tampak lebih tajam karena tidak terlalu banyak cahaya.

Khusus untuk melukis tulisan yang menyambung atau latin harus menekan tombol on pada senter secara terus-menerus supaya hasilnya terlihat menyambung/latin. Jadi, bentuk yang dilukis kembali lagi sesuai keinginan, ya

So, tunggu apalagi. Selamat mencoba.

Sumber gambar: gtaphotographyclasses.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

DJ Mashup Karya Anak Bangsa, Ananta Vinnie ugetuget

DJ Mashup Karya Anak Bangsa, Ananta Vinnie

Bhayangkara FC Juara Liga 1, Tapi Kok Aneh ya?

Bhayangkara FC Juara Liga 1, Tapi Kok Aneh ya?