Nutrisi Pengoptimal Kecerdasan Otak Anak
Sumber gambar: nakita.grid.id
in

Nutrisi Pengoptimal Kecerdasan Otak Anak

UGETUGET | Nutrisi yang seimbang tentu membantu perkembangan anak. Terutama dalam perkembangan otak dan daya tahan tubuh anak. Maka kecerdasan otak anak bisa dioptimalkan asal ada keseimbangan.

Sebagai orang tua, keinginan agar anak tumbuh dengan baik dan sehat adalah idaman. Apalagi keinginan mempunyai anak yang tumbuh cerdas. Sebsb kecerdasan anak bisa dioptimalkan dengan memberikan nutrisi yang seimbang.

Nutrisi yang seimbang akan menjaga kesehatan pencernaan sekaligus menjaga daya tahan tubuh anak agar tetap sehat. Keduanya merupakan persoalan penting yang harus diketahui oleh orang tua agar anak berkembang dengan baik.

Beberapa nutrisi untuk mengoptimalkan kecerdasan anak:

  • Omega 3 dan Omega 6 merupakan asam lemak yang akan menguatkan fungsi otak anak.
  • PDX (Polydextrose) dan GOS (Galactooligosakarida), ini merupakan prebiotik yang dapat meningkatkan bakteri baik dalam pencernaan anak.
  • Beta Glucan, serat yang mendukung kekebalan tubuh anak.
kecerdasan otak dan nutrusi seimbang
Sumber gambar: travel.tribunnews.com

Nutrisi-nutrisi ini sebaiknya diberikan kepada anak sebelum anak berusia 6 tahun. Sebab bisa dikatakan bahwa periode emas perkembangan otak anak terjadi 1000 hari pertama kehidupannya. Hal ini berarti masa balita merupakan masa otak anak berkembang dengan pesat.

Omega 3 dan Omega 6 mempunyai peran membantu perkembangan struktur otak anak. Hal ini tentu sangat penting untuk diperhatikan bagi orang tua. Struktur otak merupakan bagian dasar yang mempengaruhi segala aktifitas otak anak. Sehingga harus diperhatikan.

Apalagi Omega 3 dan Omega 6 tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Makanan yang bergizi sangat disanrankan untuk memberi asupan Omega 3 dan Omega 6.

Hal yang penting lagi, Omega 3 dan Omega 6 merupakan sumber DHA (Docosahexaenic Acid). DHA ini sangat penting untuk dipertikan juga. Sebab otak terdiri dari lemak yang seperempatnya dihasilkan oleh DHA.

Maka DHA mempunyai pernan penting dalam mengoptimalkan kecerdasan anak. Bukan hanya Omega 3 dan Omega 6 saja.

Bayi yang masih di bawah lima tahun membutuhkan DHA sebesar 100 mg perhari. Hal ini juga bisa didapatkan dari makanan yang bergizi.

Dari sekian nutrisi yang dibutuhkan, nutrisi-nutrisi tersebut tidak bisa diproses sendiri oleh butuh. Pada akhirnya orang tua harus memahami hal ini. Cukup dengan memberikan makanan bergizi, orang tua sudah berusaha mengoptimalkan perkembangan otak anak.

Written by Budi

Sehat selalu.

Menghargai Pasangan Suka dan Sayang Tidak Cukup untuk Membuatmu Bahagia

Menghargai Pasangan: Suka Dan Sayang Tidak Cukup Untuk Membuatmu Bahagia

Deepawali, Barisan Cahaya Penuh Makna Dari India

Deepawali, Barisan Cahaya Penuh Makna Dari India