Nomor Telepon Ada yang Berawalan 0 dan +62, Apa Perbedaannya?
Sumber gambar: www.shutterstock.com
in

Nomor Telepon Ada yang Berawalan 0 dan +62, Apa Perbedaannya?

UGET UGET – Nomor handphone biasanya terdiri dari 10 hingga 13 digit angka. Nomor telepon antara pemilik satu dengan pemilik lainnya berbeda. Nomor handphone menjadi deretan angka yang perlu kita masukkan ketika ingin melakukan panggilan atau mengirim pesan. Di Indonesia, nomor handphone biasanya diawali dengan angka 0 atau +62. Apa perbedaan keduanya?

Menurut wikipedia, nomor telepon adalah sebuah deretan angka yang digunakan untuk memanggil satu sambungan telepon ke sambungan yang lain dalam jaringan telekomunikasi telepon. Hanya dengan menggunakan handphone, tablet, smartphone, atau pun telepon rumah, kamu bisa menghubungi seseorang dengan nomor telepon tersebut.

Biasanya nomor telepon setiap penyedia jasa layanan jasa telekomunikasi dan jaringan telekomunikasi memiliki pola nomor yang berbeda. Sebutlah ada yang menggunakan 085, 081, 088, 083, 087, 082, 089, dan sebagainya. Nah tak hanya berawalan 0, tentu kamu pernah menemukan awalan +62 bukan? Keduanya memang sama-sama bisa digunakan, lalu apa bedanya?

Nomor Telepon Ada yang Berawalan 0 dan +62, Apa Perbedaannya?
Sumber gambar: www.shutterstock.com

Setiap negara punya kode nomor telepon atau pun nomor ponsel masing-masing. Seperti misalnya Australia +61, Brazil +55, China +86, Prancis +33, Korea Selatan +82, USA +1, Singapura +625, Thailand +66, Nigeria +234, dan sebagainya. Nah kode telepon untuk Indonesia adalah +62.

Dilansir tribun travel (21/4), kode tersebut dibuat agar kita, yang ada di Indonesia, bisa berkomunikasi dengan orang-orang di negara lain. Sebenarnya angka 0 memiliki makna yang sama dengan +62, pun sama-sama bisa digunakan. Hanya saja jangkauannya yang berbeda. Kode +62 adalah kode yang secara resmi terdaftar secara internasional dalam Daftar Kode Area Telepon Internasional.

Angka 0 memang lebih praktis dan simpel daripada menggunakan perpaduan simbol dan angka seperti +62. Sampai saat ini, kita pun pasti masih sering menggunakan angka 0 karena sudah menjadi sebuah kebiasaan.

Namun sudah tahukah kamu, angka 0 hanya memiliki jangkauan dalam negeri atau Sambungan Langsung Interlokal (SLI). Sedangkan kode +62 memungkinkan seseorang untuk tersambung untuk interlokal maupun sambungan ke luar negeri (Sambungan Langsung Jarak Jauh / SLJJ).

Komunikasi kini menjadi hal yang penting. Jadi untuk informasi semacam ini perlu diketahui oleh masyarakat. Apalagi, komunikasi di zaman ini sudah tidak dibatasi oleh jarak geografis.

Nah oleh karena itu sebaiknya gunakan kode resminya saja ya guys.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Penyesalan AS Roma dan Keuntungan Liverpool

Penyesalan AS Roma dan Keuntungan Liverpool

Jebakan Singo Edan Menguji Konsistensi Persipura

Jebakan Singo Edan Menguji Konsistensi Persipura