Berkenalan dengan Nisa Karina Widhiastuti, Mahasiswi Peraih Beasiswa PPA 2018
Sumber gambar: unycommunity.com
in

Berkenalan dengan Nisa Karina Widhiastuti, Mahasiswi Peraih Beasiswa PPA 2018

UGET-UGET  |  Mahasiswa mana sih yang tidak mau menerima beasiswa berkat prestasinya? Tentunya semua mahasiswa maupun mahasiswi pun mau menerimanya. Seperti dengan Nisa, salah satu mahasiswa UNY peraih beasiswa PPA 2018.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan mahasiswa itu banyak sekali. Kebutuhan sederhananya seperti ngeprint tugas, beli buku, dan yang lainnya.

Hal ini membuat Nisa sadar betul bahwa kebutuhan ekonomi seorang mahasiswa terus membayanginya. Ia pernah bercerita kepada saya bahwa sejak masuk kuliah, ia ingin sekali mendapatkan beasiswa. Untuk itu ia tidak pernah bosan untuk mendaftar beasiswa meski berkali-kali ditolak.

Perjalanan Meraih Beasiswa PPA 2018

Dengan mengucap rasa syukur, di tahun 2018 ini Nisa meraih beasiswa PPA 2018. Kala itu, saya dan dia mengurus persyaratan berkas beasiswa yang begitu banyak.

Mulai dari membuat PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) dan mengumpulkan berbagai surat-surat yang dibutuhkan.

Pengumuman beasiswa PPA itu muncul ketika kami menginjak semester 8. Dan tepat sekali pada persyaratan beasiswa tersebut maksimal mahasiswa menginjak semester 8.

Awalnya Nisa sedikit ragu untuk mendaftar. Takut kalau tidak lolos karena yang diprioritaskan adalah adik-adik tingkat.

Tapi saya terus memberikan semangat. Tidak apa-apa, dicoba dulu saja. Karena seandainya bisa lolos, uang tersebut bisa untuk membayar uang semester (UKT) di semester 9 mendatang.

Ya, saat itu saya dan Nisa memang belum bisa lulus di semester 8 karena skripsi kami belum selesai.

Berkenalan dengan Nisa Karina Widhiastuti, Mahasiswi Peraih Beasiswa PPA 2018
Sumber gambar: unycommunity.com

Lolos Beasiswa PPA 2018

Berbulan-bulan kami menunggu pengumuman beasiswa PPA 2018. Sayangnya juga belum cair juga.

Suatu ketika di grup WhatsApp kelas, ada satu teman kami yang memberikan pengumuman bahwa kami lolos.

Wah senangnya! Akhirnya perjuangan selama ini tidak sia-sia. Meskipun sudah capek-capek minta tanda tangan dosen, membuat PKM, dan syarat lainnya, tapi mendengar pengumuman tersebut membuat kami senang.

Nisa pun juga tampak senang. Ia tidak menyangka bisa meraih beasiswa ini karena ia pesimis karena sudah memasuki semester tua.

Ditabung

Nisa menuturkan beasiswa ini akan ia tabung dan ia pakai jika ada kendala-kendala yang mendadak. Karena yang namanya kebutuhan mendadak itu bisa kapan saja, maka ia tabung uang beasiswa tersebut.

Selain itu kemungkinan juga akan ia pakai untuk kebutuhan lainnya seperti yudisium dan wisuda yang tentu saja membutuhkan biaya.

“Sebenarnya untuk dapat beasiswa itu tidak sulit. Semuanya tergantung pada diri kita sendiri, mau terus berusaha atau tidak. Yang penting sih harus selalu update info tentang beasiswa, meskipun belum dapat harus tetap berusaha sampai dapat. Harus maju terus dan nggak manja. Karena pada dasarnya perjuangan itu hanya untuk orang-orang yang mau rekoso” – Nisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

5 Aksesoris HP yang Dapat Mempermanis HP Kamu, Udah Punya Belum

5 Aksesoris HP yang Dapat Mempermanis HP Kamu, Udah Punya Belum?

Menikmati Lagu-lagu Bebe Rexha yang Musiknya Asyik Abis

Menikmati Lagu-lagu Bebe Rexha yang Musiknya Asyik Abis