Ngiler Jadi Tanda Tidur Yang Baik Alias Berkualitas
Sumber gambar: www.nytimes.com
in

Ngiler Jadi Tanda Tidur Yang Baik Alias Berkualitas

UGET UGET – Kebiasaan tidur yang baik, seperti mengeluarkan air liur saat tidur dinilai sebagai sesuatu yang menjijikkan. Hal yang dalam bahasa kedokteran dinamakan sialorrhea atau akrab disebut ngiler ini malah dianggap sebagai suatu kebiasaan buruk. Karenanya orang yang kerap ngiler sering dihakimi jorok.

Normalnya, air liur diproduksi dalam mulut. Apabila mulut tertutup, air liur tidak akan keluar dan membasahi bantalmu kala tidur. Tetapi saat mulutmu terbuka, besar kemungkinan kamu akan ngiler. Membayangkannya saja sudah menggelikan ya. Namun ternyata, ngiler itu pertanda bahwa istirahatmu berkualitas lho.

Dilansir intisari.grid.id, meneteskan air liur saat tidur merupakan tanda bahwa mimpimu cukup positif dan tubuh beristirahat dengan sangat baik. Kok bisa? Begini penjelasannya guys.

Kamu tentu tidak langsung lelap saat pertama kali memejamkan mata bukan? Ya, itu karena manusia memiliki beberapa fase tidur. Saat fase REM (rapid eye movement) terjadi pada 70-90 menit pertama setelah kita tertidur, dan akan terulang lagi setiap 90 menit pada tiap tahapan. Nah ini adalah periode saat kita bermimpi.

Untuk mempertahankan keteraturan tahapan itu, otak akan berusaha menjaga agar kita tetap tertidur lelap. Otak akan membuat kita tidak mudah terbangun oleh suara-suara di sekitar yang bisa merusak tahap tidur ini. Maka dari itu situasi sekitar yang tenang akan sangat membantu kelelapan tidurmu.

Nah saat kamu ngiler berarti fase REM ini tidak terganggu. Tidur REM ini disebutkan sangat penting untuk menjaga tubuh agar dapat berfungsi optimal. Jadi kamu tidak mengalami gangguan atau masalah saat tidur. Ketika bangun di pagi hari, tubuhmu akan jauh lebih bugar daripada biasanya.

Ngiler ini justru menunjukkan kualitas tidur yang baik. Daripada sering terbangun karena gelisah, mimpi buruk, salah posisi tidur, sakit perut, atau kondisi sekelilingmu yang berisik, tidur tanpa terbangun berkali-kali jauh lebih puas. Sebab biasanya saat terbangun, bahkan hanya untuk buang air kecil, rasanya akan sulit untuk tidur kembali bukan?

Saat kamu tidak ngiler justru ini menunjukkan tanda bahwa istirahatmu tidak mencukupi. Maka dari itu, sebisa mungkin minimalkan hal-hal yang bisa membuatmu terbangun di malam hari. Misalnya kamu bisa mengenakan penutup telinga, buang air kecil terlebih dahulu, relaksasi sebentar, hingga berdoa sebelum tidur.

Dengan tidur yang cukup, kamu akan jauh lebih semangat dan energik menghadapi hari esok. Ayo maksimalkan kualitas tidurmu.

Sumber gambar: www.nytimes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Cerita Lucu Bin Menjengkelkan Pengemudi Gojek Di Yogyakarta

Cerita Lucu Bin Menjengkelkan Pengemudi Gojek Di Yogyakarta

Swafoto Semakin Seru dengan The Mighty Selfie Stick

Swafoto Semakin Seru dengan The Mighty Selfie Stick