Nama Ganyang Penghalang Demokrasi Pancasila
Sumber gambar: Detik
in

Tengah Viral, Inilah Kebenaran Nama Ganyang Penghalang Demokrasi Pancasila

UGET-UGET | Biasanya, nama adalah doa orang tua. Nama yang diberikan bisa berisi harapan atau keinginan tentang masa depan si Anak. Namun, ada juga orang yang memberikan nama dengan alasan supaya terlihat keren, beken, atau diberikan kata-kata yang berisi atas peringatan satu peristiwa. Untuk yang terakhir, maka tak heran jika Ganyang Penghalang Demokrasi Pancasila kini viral dan diperbicangankam masyarakat luas.

Berawal dari kiriman pesan berantai di aplikasi pengirim pesan, WhatsApp, nama Ganyang kini dikenal oleh masyarakat Indonesia. Kata yang sering disebutkan pada masa Orba (Orde Baru) dan Orla (Orde Lama) itu memang cukup unik jika dijadikan sebagai nama dari seorang anak laki-laki. Lalu, apa alasan orang tua memberikan nama itu?

Ganyang Penghalang Demokrasi Pancasila yang kini berumur 26 tahun adalah laki-laki asal Pasuruan, Jawa Timur. Dalam gambar identitas diriyang menyebar di WA, ditunjukkan bahwa Ganyang adalah mahasiswa jurusan Sejarah. Nama Universitas tidak tertera. Namun setelah penelusuran dari Google, diketahui bahwa Ganyang adalah mahasiswa Jurusan Ilmu Sejarah Universitas Malang. Kini, Ganyang telah lulus dan masih beraktivitas di Malang.

Tengah Viral, Inilah Kebenaran Nama Ganyang Penghalang Demokrasi Indonesia
Sumber gambar: Detik

Tidak berbeda dengan Ganyang, saudara perempuannya yang berusia 29 tahun pun memiliki nama unik. Oleh kedua orang tuanya, ibu dari satu anak laki-laki ini diberi nama Bela Nusa Bangsa. Kok bisa ya?

Dilansir dari Detik.com, saat Bela ditemui di rumahnya, dirinya menjelaskan bahwa kedua orang tuanya terinspirasi gerakan politik sebelum jatuhnya rezim Orba. Saat Ganyang lahir, kondisi politik tengah panas. Banyak demontrasi dilakukan menuntut Bapak Pembangunan Soeharto turun dari jabatan presiden. Sedangkan, orang tua mereka adalah salah satu yang mendukung gerakan tersebut.

“Saat ayah cerita, nama itu diberikan secara sadar. Tapi tetep saja saya belum bisa memahami harapan orang tua dengan memberi nama Ganyang Penghalang Demokrasi Pancasila,” ujar Bela.

Meski media belum bisa memverifikasi kebenaran dari foto yang viral di media sosial tersebut, dari usaha dan penjelasan Bela, bisa dipastikan bahwa memang benar ada pemuda bernama Ganyang. Kini Ganyang yang baru saja diwisuda sebagai sarjana pada 28 Juli lalu ini masih tinggal di Malang. Selain itu, saat ini dirinya tercatat sebagai guru pendidik di SMA 3 Kota Pasuruan.

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Penjelasan BMKG Terkait Gempa Bumi di Lombok Berkekuatan 6.4 SR

Penjelasan BMKG Terkait Gempa Bumi di Lombok Berkekuatan 6.4 SR

Mulutmu Harimaumu, Begitulah Pahitnya Pengalaman Selebgram Ini

Mulutmu Harimaumu, Begitulah Pahitnya Pengalaman Selebgram Ini