Musik Eksperimental yang Unik Dan Menarik
Sumber gambar: tshirtgifter.com
in

Musik Eksperimental yang Unik Dan Menarik

UGETUGET | Musik eksperimental adalah musik yang menarik dan sangat unik. Karena musik tersebut dihasilkan bukan melalui alat musik. Tetapi musik tersebut dihasilkan dari alam ataupun alat-alat yang unik lainnya.

Alam semesta menyimpan unsur-unsur simfoni musik natural nan abadi. Setiap bunyi menyatu membentuk suatu harmoni multi interpretasi.

Maka, tak aneh bila kemudian bunyi-bunyian yang terbalut dalam musik jadi bagian tak terpisahkan dari tradisi dan kebudayaan manusia. Musik pun menjadi jiwa dalam tradisi yang sakral.

Namun dalam perkembangannya, musik dianggap memiliki dunianya sendiri. Musik eksperimental, misalnya. Ramuan bunyi-bunyian tak terbatas yang membangkitkan nuansa citra, rasa, dan karsa. Bukan hanya bagi sang penciptanya. Namun juga bagi mereka yang menikmatinya.

Jiwa musik tersebut mengusung setiap unsur realitas bunyi-bunyian. Dari alam semesta dan mengeksplorasi fenomena bunyi menjadi suatu suara yang unik.

Umpamanya realitas bunyi di rumah sakit. Bunyi alat pendeteksi detak jantung dan bioritme dapat menjadi inspirasi suatu karya musik.

Musik Eksperimental yang unik
Sumber gambar: discogs.com

Musik tersebut mulanya berkembang pada era 60-an. Pada saat itu bersamaan dengan gerakan antiperang di dunia. Namun di Indonesia, musik eksperimental masih belum mendapat tempat di masyarakat.

Boleh dibilang, ide musik yang terwujud dalam suatu karya cipta tidak terbatas dan selesai hanya ditampilkan di atas panggung. Media apa pun bisa menjadi ajang penampilan musik tersebut.

Musik eksperimental memang spontan, bebas ekspresi dan bebas interpretasi.

Musik eksperimental berarti berbicara tentang penggarapan nada atau suara atas dasar percobaan. Suara yang dihasilkan oleh musik itu biasanya memakai atau menghasilkan sesuatu yang tidak biasa, alias lain daripada yang lain.

Unsur tidak biasa dalam musik tersebut bisa ditemui dalam berbagai unsur.

Bisa dari dari pemilihan alat untuk menghasilkan suara, bisa juga dari cara pemakaian alat itu sendiri, atau malah berkolaborasi antara berbagai faktor pembangunan suara yang menghasilkan output suara yang kadang kala tidak familiar di telinga.

Dari beberapa sumber yang memaparkan tentang arti dan sifat dari musik tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa musisi-musisi yang tertarik lalu terjun pada dunia eksperimental adalah musisi yang liar dalam bermusik.

Bisa jadi, mereka memiliki suatu ruang imajinasi yang tidak terbatas atau liar.

Karena itu, menyaksikan penampilan musik-musik eksperimental sangat menarik dan dapat memberikan pengalaman baru.

Written by Rizky

Manusia Rock n Roll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Spot Foto yang Menarik Di Hutan Mangrove Congot Kulon Progo

Spot Foto yang Menarik Di Hutan Mangrove Congot Kulon Progo

Sejarah Celengan, Fakta Unik Piggy Bank

Sejarah Celengan, Fakta Unik Piggy Bank