Ngepop

Musik Band Karang Taruna Pemuja Setan (KTPS)

UGETUGET – Saat Kelompok Penerbang Roket sedang naik daun, saya justru tertarik dengan beberapa band indie Jakarta lainnya. Salah satunya adalah musik band Karang Taruna Pemuja Setan (KTPS).

Bukan karena tidak suka dengan Kelompok Penerbang Roket, tapi beberapa tahun sebelum band ini naik daun, saya sudah tahu dan mendengarkan lagu-lagunya. Saya sangat menyukainya.

Selain itu, saya pun menelusuri perkembangan musik indie di Jakarta. Dari Naif, The Upstairs, The Adams, Bangkutaman, dan masih banyak band lainnya yang saya dengarkan lagunya. Ternyata kota Jakarta memang mempunyai style sendiri, dan sangat berbeda dengan gaya band indie Yogyakarta.

Saya tahu musik band Karang Taruna Pemuja Setan justru dari sebuah channel YouTube. Saat itu reporter dari channel tersebut sedang mewancarai Jimi Multhazam atau lebih dikenal dengan Jimi Danger. Jika kalian masih belum tahu, Jimi Multhazam adalah vokalis dari grup band The Upstairs, dan Morfem.

Wawancaranya terkait dengan acara yang sedang diselenggarakan saat itu, yaitu 24 Jam Hits. Dari wawancara itulah saya mulai mengenal sosok band yang menarik, unik, dan nyeleneh, yaitu KTPS.

uget uget - Musik Band Karang Taruna Pemuja Setan (KTPS)

Sumber gambar: Facebook Karang Taruna Pemuja Setan

uget uget - uget uget - Musik Band Karang Taruna Pemuja Setan (KTPS) 3

Sumber gambar: Facebook Tugitu Unite

uget uget - Musik Band Karang Taruna Pemuja Setan (KTPS) 6

Sumber gambar: Facebook Karang Taruna Pemuja Setan

uget uget - Musik Band Karang Taruna Pemuja Setan (KTPS) 5

Sumber gambar: Facebook Acan Rafsan Yuono

uget uget - uget uget - uget uget - Musik Band Karang Taruna Pemuja Setan (KTPS) 4

Sumber gambar: Facebook Karang Taruna Pemuja Setan

Sayangnya saya belum berkesempatan untuk menontonnya secara langsung. Tapi, saat melihat salah satu videonya di YouTube, saya langsung berujar, “Bajilak, band aneh apa meneh iki?”

Menonton band KTPS ini, saya teringat dengan band Sangkakala dari Jogja. Band yang memiliki fans dengan nama Macanista ini gemar memainkan kembang api model air mancur saat perform.

Begitu juga musik band Karang Taruna Pemuja Setan. Hanya saja, band KTPS ini lebih nyeleneh.

Video yang saya tonton adalah rekaman perform mereka di acara Halal Bin Haram #4. Untuk saya, yang bikin ngguyu adalah caption dan komentarnya. Walaupun hanya ada satu komentar saja. Caption­-nya bertuliskan “Ya Gitu Deh”. Sedangkan komentarnya, “Kalian makin dewasa yah..”.

Siapkan mental kalian saat menontonnya. Latih kuping kalian, karena kekuatan sound-nya setara dengan kebisingan pesawat jet yang mencapai 140 desibel (dB). Jika kalian betah dengan kebisingan tersebut, maka saya haturkan salam hormat saya untuk Anda!

Sumber gambar: Facebook Acan Rafsan Yuono

Bagikan artikel ini:

Leave a Comment

Pingin konten seru tiap hari?

Dapetin konten menarik di emailmu

Makasih bro, tunggu konten dari kami ya

Ada kesalahan, coba ulangi lagi