Musik Sebagai Terapi Ampuh Atasi Kerusakan Otak
Sumber gambar: id.pinterest.com/frederickleclai
in

Musik Sebagai Terapi Ampuh Atasi Kerusakan Otak

UGET UGET – Musik telah terbukti memiliki banyak manfaat. Telah banyak orang menggunakan musik untuk menstimulus perkembangan otak, mengembalikan mood, menenangkan pikiran, dan sebagainya. Nah selain itu, penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Neuroscience menyebutkan salah satu manfaat lainnya, yakni musik dapat memperbaiki kerusakan otak.

Dilansir kompas.com, penelitian tersebut membuktikan bahwa musik mampu membantu orang-orang yang hanya memiliki kemampuan parsial seperti kemampuan melihat atau berbicara saja. Sehingga baik untuk dimainkan kepada pasien penderita stroke, gagal otak, dan juga pada penderita alzheimer.

Biasanya orang yang darah tinggi, jantung, atau pernah mengalami cedera berisiko besar terjadi pecah pembuluh darah pada otaknya. Pecah pembuluh darah pada sisi kiri otak dapat membuat penderitanya sering kali tidak jelas dalam berkomunikasi.

Nah musik dipercaya dapat memulihkan kerusakan otak kiri yang mana itu sangat penting dalam menunjang kemampuan untuk berkomunikasi. Musik ini semacam terapi bagi otak. Semakin intens mendengarkan musik, otak akan dilatih untuk menggerakkan fungsinya secara seimbang. Sehingga harapannya pasien dapat mengembalikan kemampuan berkomunikasinya.

Musik seakan menjadi stimulus pada otak untuk berpikir. Dengan mendengar, maka otak akan terbiasa mendapatkan kosakata baru. Dengan mendengarkan lagu pula, otak akan berusaha mengartikan makna dan artinya. Otak yang sering digunakan untuk berpikir supaya tidak mengurangi kemampuan otak.

Makanya tak jarang pula kita melihat orang yang sering berpikir biasanya akan jauh lebih aktif dan kreatif. Sebab dia mengkondisikan otaknya untuk terus bekerja maksimal. Sel-sel otaknya pun akan jauh lebih muda dan energik.

Disebutkan pula, musik bisa membuat otak berfungsi normal, khususnya bagi seseorang yang pernah mengalami trauma. Trauma ini tidak disebutkan secara khusus secara fisik atau hati. Tapi rasanya musik juga ampuh menyembuhkan trauma hati.

Apalagi kita tahu bahwa otak memegang peranan penting memberikan perintah pada seluruh organ tubuh. Karenanya kerusakan otak sangatlah berbahaya. Sering-seringlah mendengar musik, akan lebih baik lagi apabila kamu menyukai genre musik tersebut.

Kalau saya sendiri, musik menjadi senjata ampuh untuk mengatasi kebuntuan berpikir. Kalian pasti pernah merasakan hal ini. Saat mengerjakan tugas rasanya otak sudah buntu kehabisan ide. Namun dengan memberikan jeda untuk mendengarkan musik sebentar saja, seketika ide itu langsung berdatangan.

Saya sih percaya, musik itu bisa menjadi penyegar otak.

Sumber gambar: id.pinterest.com/frederickleclai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Kriteria Pasangan Idaman yang Sering Lenyap Saat Sudah Jatuh Cinta

Kriteria Pasangan Idaman yang Sering Lenyap Saat Sudah Jatuh Cinta

Cinta Pertama yang Tulus dan Murni, Bikin Kamu Susah Lupa

Cinta Pertama yang Tulus dan Murni, Bikin Kamu Susah Lupa