Mudah Lelah? Kenali Kondisi Tubuh Anda Lebih Jauh
Sumber gambar: aidaazryn.com
in

Mudah Lelah? Kenali Kondisi Tubuh Anda Lebih Jauh

UGET-UGET | Barangkali, rasa lelah merupakan hal yang sering kita rasakan. Dan kenyataannya, banyak orang yang beranggapan jika merasakan lelah tanda dari kehidupan yang penuh dengan kesibukan kerja. Jadi penyebabnya jelas, terlalu banyak waktu yang digunakan untuk bekerja.

Selain kerja, kita juga sering merasakan lelah setiap saat. Padahal, tidak ada kegiatan yang dilakukan. Baik itu kegiatan fisik maupun pikiran. Hal ini menjadikan kita bertanya, apa penyebabnya? Kok bisa, sih?

Untuk menjelaskan hal ini, akan kami uraikan beberapa alasan yang menjadikan Anda merasa lelah setiap waktu.

Kurang Tidur

Banyak dari kita sudah mengetahui bahwa kekurangan tidur akan menyebabkan kelelahan. Namun, sudahkan Anda mengetahui jumlah waktu tidur yang cukup bagi badan Anda setiap malamnya?

Waktu tidur yang dibutuhkan oleh orang dewasa dengan umur antara 18-60 tahun adalah 7 jam setiap malamnya. Bagaimana dengan waktu tidur Anda? Sudah cukup? Atau malah kurang?

Diet Tidak Sehat

Mudah Lelah? Kenali Kondisi Tubuh Anda Lebih Jauh
Sumber gambar: aidaazryn.com

Metode diet yang Anda jalankan bisa berdampak besar pada apa yang Anda rasakan. Dan model diet yang membuat Anda kekurangan nutrisi, akan mejadikan tubuh terasa lemah dan mudah lelah.

Bagaimanapun, tubuh membutuhkan berbagai macam vitamin dan mineral untuk mengolah saraf yang mengatur waktu tidur. Jadi, penting untuk memakan banyak sayuran dan buah, meskipun Anda sedang dalam program diet.

Terlalu banyak duduk dan diam

Jika Anda berpikir bahwa duduk akan membantu tubuh untuk menyimpan tenaga, segera buang jauh-jauh. Bergerak adalah cara ampuh untuk menyingkirkan kelelahan.

Tentu Anda tidak perlu bergerak selama berjam-jam. Penelitian menunjukkan, hanya dengan olahraga ringan atau sedang selama 20 menit, bisa membantu tubuh untuk menghasilkan lebih banyak tenaga. Mau mencoba?

Tekanan Hidup

Masalah dan tekanan dalam kehidupan selalu datang silih berganti. Barangkali, Anda mendapatkan tekanan pikiran pada pekerjaan atau dalam hubungan asmara. Yang sering dan menjadi pengalaman bersama adalah tekanan financial.

Stres dapat merusak pola tidur malammu. Hal ini karena stress bisa membuatmu merasa cemas dan terjaga sepanjang malam. Penelitian menunjukkan, lebih dari 40% orang dewasa sering mendapatkan tidur dengan kualitas buruk saat mengalami stress.

Kondisi Kesehatan

Bagaimana jika Anda sudah mencoba gaya hidup sehat namun tetap mudah merasa lelah? Barangkali, dan ini yang sering terjadi, Anda memiliki kondisi kesehatan yang belum teridentifikasikan. Lalu apa saja jenis penyakit yang bisa menyebabkan susah tidur? Banyak tentunya. Di antaranya adalah: Anemia, Depresi, Diabetes, Tiroid, dan masih banyak yang lain.

Biru Samudra

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Orang Tua Terlalu Mengatur Boleh Saja, Tapi Jangan Menghambat Keinginan Anak

Orang Tua Terlalu Mengatur Boleh Saja, Tapi Jangan Menghambat Keinginan Anak

Festival Lima Gunung: Wujud Cinta Petani Terhadap Seni dan Budaya

Festival Lima Gunung: Wujud Cinta Petani Terhadap Seni dan Budaya