Motor Listrik Unik Hasil Inovasi Dosen dan Mahasiswa Makassar
Sumber gambar: kompas.com
in

Motor Listrik Unik Hasil Inovasi Dosen dan Mahasiswa Makassar

UGET-UGET | Anak bangsa kita kembali berkarya. Kali ini sebuah motor listrik ramah lingkungan kembali diciptakan. Kendaraan ini merupakan hasil inovasi dari dosen dan mahasiswa Makassar. Universitas Hassanuddin dan juga Politeknik Negeri Ujung Pandang adalah dua universitas yang mengembangkan motor listrik ini.

Salah satu motor listrik yang diberi nama Moliku (Motor Listrik Kurir Unhas) merupakan kendaraan kurir yang nantinya menggunakan tenaga listrik untuk bisa beroperasi. Ramah lingkungan? Jelas. Sumber tenaga yang digunakan kan listrik. Di belakang motor ini terdapat panel surya yang berfungsi untuk menangkap cahaya matahari dan diubah menjadi energi listrik.

Motor Listrik Unik Hasil Inovasi Dosen dan Mahasiswa Makassar
Sumber gambar: kompas.com

Selain itu, dari Politeknik Negeri Ujung Pandang juga memamerkan motor listrik yang dibuat khusus untuk mengangkut sampah lho. Kreatif sekali bukan? Mereka juga membuatnya dengan kapasitas yang cukup besar.

Kabarnya, motor listrik pengangkut sampah ini dapat memuat beban sampai 60 kilogram lho. Kecepatannya juga bisa mencapai 60 kilometer per jam. Motor ini menggunakan aki kering sebagai pengggerak mesin. Kekuatan akinya adalah 48 volt.

Harapannya, kendaraan ini nantinya dapat diproduksi secara massal. Banyak yang menginginkan kendaraan ini berdampak baik, khususnya untuk warga Makassar. Adanya motor listrik ini diharapkan mampu mengurangi polusi kendaraan di Makassar. Maka tidak heran jika mereka berharap kendaraaan ini lebih bisa digunakan oleh orang banyak.

Motor Listrik Unik Hasil Inovasi Dosen dan Mahasiswa Makassar1
Sumber gambar: kompas.com

“Kami juga berharap kendaraan listrik ini bisa diproduksi secara massal agar bisa membantu mengurangi polusi kendaraan kota Makassar,” kata Alfaro, seorang mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Semoga inovasi ini semakin maju lagi kedepannya ya. Kita sama-sama berharap semakin banyak karya anak bangsa yang hebat bisa berguna bagi orang banyak. Siapa tahu Moliku bukan hanya akan berguna di Makassar tetapi juga bisa dipasarkan di seluruh Indonesia. Bahkan akan sangat baik jika bisa merambah sampai luar negeri.

Kita tunggu inovasi selanjutnya dari anak bangsa. Semoga saja semakin berkembang dan juga bisa lebih dikembankan lagi agar ide-ide mereka tidak terputus di tengah jalan.

Anak bangsa di negeri ini memiliki potensi besar untuk bisa terus berinovasi. Apalagi niat mereka baik, yaitu mencoba mengatasi permasalahan yang ada di negeri ini. Contoh nyatanya adalah motor listrik ini, yang ramah lingkungan dan bisa mengurangi polusi kendaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Berkenalan dengan Hikam, Penjual Tahu dengan Penampilannya yang Necis dan Tampan

Berkenalan dengan Hikam, Penjual Tahu dengan Penampilannya yang Necis dan Tampan

Olahraga Plank Ampuh Kecilkan Perut Buncitmu Lho, Mau Coba

Olahraga Plank: Ampuh Kecilkan Perut Buncitmu Lho, Mau Coba?