Mostar Sevdah Reunion Musik Balkan Eropa Timur
Sumber gambar: folk24.pl
in

Mostar Sevdah Reunion: Musik Balkan Eropa Timur

UGET UGET – Kelompok musik yang bernama Mostar Sevdah Reunion ini didirikan oleh seorang lelaki Bosnia yang bernama Dragi Sestic. Saat jembatan Stari Most hancur, ia dan rakyat Bosnia mengalami kepedihan yang sangat mendalam.

Merasa tak tega dengan kepedihan dirinya dan rakyat Bosnia, kemudian Dragi Sestic dengan susah payah menemui teman-temannya. Mereka tak berkabar cukup lama dikarenakan perang yang berkepanjangan.

Hingga akhirnya, setelah ia bertemu dengan teman-temannya yang merupakan para musisi, mereka bersepakat untuk membangkitkan kembali harga diri dan martabat kemanusiaan rakyat Bosnia, khususnya kota Mostar.

Sejak saat itu munculah Sevdalinka. Sevdah adalah perbawa yang hadir saat memainkan sevdalinka. Pada masa itu pula Mostar Sevdah Reunion lahir.

Kalau saya sendiri agak kesulitan mengategorikan genre musik yang kelompok ini usung. Karena ada terlalu banyak ragam. Tapi, secara sepintas saya dapat mengatakan bahwa kebanyakan genre yang dibawakan Mostar Sevdah Reunion adalah bernuansa fusion. Fusion sendiri merupakan perpaduan antara musik rock dengan jazz.

Yang membuat kelompok ini menjadi unik selain sejarahnya adalah pentas mereka justru berada di panggung-panggung kecil masyarakat Bosnia. Jauh dari kebiasaan para musisi dan band yang ingin pentas di panggung megah nan mewah, Mostar Sevdah Reunion justru muncul dari jalan ke jalan, trotoar ke trotoar, hingga panggung kecil ke panggung kecil.

Jauh dari popularitas yang selalu diidamkan oleh para musisi, Mostar Sevdah Reunion konsisten menyuarakan kerinduan akan kenangan jembatan Stari Most. Kalau kamu mendengarkan lagu yang berjudul “Čudna Jada od Mostara Grada”, pasti yang terbayang adalah kesedihan yang sangat mendalam melalui liriknya. Sedangkan musiknya akan membuatmu optimis dan semangat untuk melanjutkan hidup.

Lalu ada “Grana do Bora” yang permainan alat musik tiupnya sangat ciamik. Kamu pasti bakal terhipnotis dengan keindahan nada-nadanya. Ada satu lagu lagi yang wajib kamu dengarkan dari Mostar Sevdah Reunion, yaitu “Nocas Mi Srce Pati”.

Itulah lagu yang tercipta dari kesedihan karena perpecahan bangsa. Oleh sebab itu, Nuswantara yang sangat beragam ini perlu kita jaga dengan cinta dan kasih sayang yang tulus serta erat.

Sumber gambar: folk24.pl

Written by Punkaz D. Singaraska

Suka dengan teori-teori konspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Syair Ranggawarsita Yang Tidak Banyak Diketahui Orang- Petunjuk Untuk Anak Cucu Nuswantara

Syair Ranggawarsita Yang Tidak Banyak Diketahui Orang: Petunjuk Untuk Anak Cucu Nuswantara

Dua Pemuda Milan Buat Serigala Roma Tak Berdaya

Dua Pemuda Milan Buat Serigala Roma Tak Berdaya