Momiji Tempura Camilan Tradisional Kota Minoo di Osaka Jepang, Wajib Coba Nih
Sumber gambar: www.deepjapan.org
in

Momiji Tempura: Camilan Tradisional Kota Minoo di Osaka Jepang, Wajib Coba Nih

UGET UGET – Berbicara mengenai pohon maple tentu kita akan langsung merujuk negara Jepang. Kala musim gugur, daun maple di sana sedang ranum-ranumnya. Nampak begitu cantik dengan warna oranye kemerahannya. Saking tenarnya, tentu kalian sudah pernah mendengar mengenai camilan tradisional yang terbuat dari daun maple. Ya, momiji tempura.

Selama 700 tahun sudah, momiji menjadi camilan tradisional yang kerap disajikan saat musim gugur di Kota Minoo, Osaka, Jepang. Momiji identik dengan rasa manis. Apa kamu penasaran bagaimana proses pengolahannya? Berikut gambarannya.

Tidak semua daun maple bisa digunakan ya guys. Para penjual gorengan momiji ini harus memilah daunnya terlebih dahulu. Daun maple yang layak untuk dikonsumsi biasanya yang berwarna kuning, sebab memiliki vena daun yang lebih lembut dan tak meninggalkan rasa daun. Sebaliknya, daun maple yang berwarna merah lebih alot sehingga tidak tepat untuk dijadikan bahan dasar momiji tempura.

Dilansir liputan6.com, warna daun maple kuning yang tak berubah ketika melalui proses pengasinan, juga menjadi alasan lain untuk memilih jenis daun tersebut. Untuk membuat rasa asinnya meresap dengan baik, daun disimpan dalam ember untuk kebutuhan selama satu tahun.

Hah? Satu tahun? Iya, saya juga awalnya tidak percaya. Ternyata butuh waktu dan kerja keras untuk membuat asinan daun momiji ini. Katanya ada 150 batang pohon maple yang menguning. Nah ini bisa untuk persedian selama satu tahun.

Setelah rasa asin meresap dengan baik, bagian batangnya dipotong terlebih dahulu untuk akhirnya dicuci bersih. Daun pun bisa langsung dicampurkan dalam adonan tepung yang telah diberi gula dan mentega juga wijen. Sudah bisa membayangkan rasanya kah?

Kalau kebetulan kamu berwisata ke kota Osaka, kuliner momiji ini menjadi salah satu makanan yang wajib banget kamu coba guys. Tetapi ngomong-ngomong tentang tempura, kalau di Indonesia sendiri tempura biasanya khas dengan rasa asin ya?

Kalau di Indonesia, tempura semakin lezat disantap dengan campuran saos. Apalagi dimakan selagi hangat. Maknyus deh! Tempura ini biasanya berisi campuran daging bisa itu udang, ikan, atau ada pula yang berisi campuran sayur. Momiji tempura ini mungkin sama halnya dengan tempura sayur ya. Jadi penasaran ingin mencobanya?

Sumber gambar: www.deepjapan.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Cara Merawat Tanaman Dengan Musik Klasik Hasilkan Produk Berkualitas

Cara Merawat Tanaman Dengan Musik Klasik Hasilkan Produk Berkualitas

Alasan Sederhana Mengapa Kita Harus Gemar Membaca

Alasan Sederhana Mengapa Kita Harus Gemar Membaca