Sport

Mohamed Salah Yang Selalu Benar Dalam Urusan Sepak Bola

UGET UGET – Entah harus menggunakan kata apa untuk mendeskripsikan kehebatan Mohamed Salah saat ini. Pemain berkembangsaan Mesir itu nampaknya sedang berada di masa emasnya.

Memulai karir profesionalnya di El Mokawloon, Salah muda dilirik oleh Basel yang pada akhirnya mengikatnya di Eropa. Dari Basel inilah dia mampu merasakan atmosfer liga di Eropa termasuk bermain di Liga Europa dan Liga Champions. Debutnya di Basel tidak bisa dibilang mengecewakan. Bahkan di tahun 2013 dia berhasil menyabet gelar pemain terbaik di Swiss Super League. Hanya saja saat itu namanya belum melambung tinggi.

Pada musim 2013/2014 Chelsea membawa Salah ke London untuk merasakan liga yang katanya paling kompetitif sedunia itu. Namun di Chelsea dia tidak banyak memiliki kesempatan bermain, yang pada akhirnya membuatnya dipinjamkan ke Fiorentina.

Salah hanya bermain enam belas kali untuk Fiorentina. Bukannya melanjutkan karirnya di La Viola, pada bulan Agustus 2015, Salah justru memilih pindah ke kota Roma. Saat itu statusnya masih pemain pinjaman, namun  di akhir kompetisi dia mampu mencatatkan diri sebagai Player of the Season karena menjadi top scorer di Roma dengan 15 golnya di semua kompetisi.

Karirnya di Roma ini bisa jadi kunci awal yang melambungkan namanya di kancah sepak bola. Satu tahun melewatkan waktu sebagai pemain pinjaman, akhirnya pada Agustus 2016 Salah menjadi pemain permanen di Roma. Setelah penampilan apiknya di I Giallorossi, namanya menjadi sering disebut dan disejajarkan dengan pemain-pemain bintang lainnya. Hingga ada media di Italia yang memberinya julukan “Egyptian Messi”.

Tahun ini, tepatnya bulan Juni lalu, Salah digandeng pulang ke Inggris lagi. Tapi kali ini, dia berseragam Liverpool. Bersama The Reds dia tetap menunjukkan taringnya.

Pada gameweek ke-14, Salah semakin mengukuhkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak di Liga Inggris dengan 12 golnya. Kali ini dia unggul 2 gol dari pesaing terdekatnya Harry Kane.

Padahal dalam pertandingan melawan Stock City di gameweek 14 lalu, Salah hanya diberi kesempatan bermain kurang dari 25 menit. Namun nampaknya saat ini dia sedang on fire dan benar-benar unstopable dalam urusan mencetak gol.

“Kegilaan” Salah bukan hanya terjadi di ranah klub saja. Pemain Mesir 25 tahun itu juga menjadi pahlawan di negaranya berkat golnya yang membawa Timnas Mesir kembali ke putaran final Piala Dunia sejak tahun 1990 lalu. Sebuah prestasi yang membanggakan sehingga dia dielu-elukan sebagai “pahlawan nasional”.

Menarik untuk menantikan perjuangan Salah di Piala Dunia nanti. Lebih dari itu, menarik pula untuk melihat pemain yang kerap selebrasi gol dengan sujud syukur itu bisa bersaing dengan pesepak bola handal di dunia. Akankah dia mampu menjadi bagian dari persaingan Ronaldo dan Messi? Mampukah dia meraih Ballon d’Or nantinya? Mengapa tidak?

Tidak ada yang salah dengan menunggu kejayaan Mohamed Salah di masa depan.

Sumber gambar: www.espnfc.com

 

Leave a Comment

Pingin konten seru tiap hari?

Dapetin konten menarik di emailmu

Makasih bro, tunggu konten dari kami ya

Ada kesalahan, coba ulangi lagi