Tamasya

Model Baju Batik Pasar Beringharjo Malioboro: Bagus!

UGETUGET –- Model baju batik Pasar Beringharjo Malioboro memang sudah terkenal. Selain bagus-bagus, ada hal lain yang membuat tempat ini wajib kalian kunjungi, yaitu murah!

Tetapi, supaya bisa mendapatkan baju batik dengan harga yang murah, ada banyak hal yang harus kalian ketahui dan wajib kalian lakukan saat membeli batik di Beringharjo. Tak peduli seperti apa model baju batik Pasar Berigharjo Malioboro yang kalian taksir, berikut ini adalah cara serta tips dan trik untuk mendapatkan baju batik murah di pasar yang menjadi ikon kota Jogja itu.

  • Gunakan Bahasa Jawa

Bahasa Jawa merupakan bahasa ibu dan merupakan bahasa sehari-hari masyarakat Yogyakarta. Para pedagang yang berjualan di Pasar Beringharjo Malioboro akan merasa lebih dekat jika para calon pembelinya menggunakan Bahasa Jawa. Jadi, setelah kalian melihat model baju batik Pasar Beringharjo Malioboro yang cocok dengan selera, persiapkan diri untuk berbahasa Jawa.

  • Harus Berbasa-Basi

Orang Jogja sangat senang dengan cerita dan mengobrol, maka dari itu kalian jangan terlalu kaku dan cenderung pendiam. Tanyalah hal-hal yang sepertinya remeh di luar topik batik. Misalnya tentang tinggal di mana, tempat yang menarik di daerah Yogyakarta ada di mana saja, dan sebagainya.

  • Hafal Nama-Nama Kampung di Jogja

Untuk lebih meyakinkan para penjual bahwa kalian merupakan “orang yang dekat”, akan sangat baik jika kalian hafal nama-nama kampung di Jogja, Bantul, dan Sleman. Sebab saat kalian ditanya, “Lha sampeyan saking pundi, Mas/Mbak?”.

“Oh…. Kula saking Mrican Mas.” (Oh… Saya dari Mrican Mas)

Selain menghafal nama tempat, kalian juga harus tahu bagaimana karakteristik masyarakat di kampung tersebut, serta bagaimana dan apa mata pencahariaannya. Sehingga, jika ada pertanyaan lanjutan, maka kalian bisa menjawabnya dengan tenang, lugas, dan mantab!

  • Berani Menawar

Setelah melalui jalan yang terjal dan berliku tadi, kini tiba saatnya untuk eksekusi. Namanya juga jual beli di pasar, maka hukum tawar-menawar masih berlaku. Keuntungan yang kalian dapatkan dengan menjadi “orang dekat” melalui metode tadi ada pada saat menawar.

Ibarat pepatah, kalian sudah dianggap sebagai keluarga dan saudara sendiri. Sehingga tanpa perlu menawar pun harga pasti langsung diturunkan. Nah, ini adalah kesempatan kalian untuk melakukan manuver yang tajam.

Meskipun bersifat umum, semoga saja artikel ini dapat membantu kalian.

Sumber gambar: yogyakarta.panduanwisata.id

Bagikan artikel ini:

Leave a Comment

Pingin konten seru tiap hari?

Dapetin konten menarik di emailmu

Makasih bro, tunggu konten dari kami ya

Ada kesalahan, coba ulangi lagi