uget uget - Mobil Murah Baru yang Tidak Murah
Sumber gambar: www.tantemobil.com
in

Mobil Murah Baru yang Tidak Murah

UGETUGET — Fenomena mobil murah baru yang banyak ditawarkan belakangan ini mencerminkan sesuatu dalam masyarakat kita. Mungkin juga termasuk mencerminkan isi hati dan pikiranmu, wahai khalayak.

Jadi begini. Kalau sudah dengar kata murah, pasti insting dan daya beli masyarakat langsung berdiri untuk melakukan kegiatan ekonomi. Kayak jaringan 4G yang berada di pedalaman. Sekali ketemu posisi yang pas, niscaya pesan Whatsapp berbondong-bondong masuk smartphone.

Sebab, masyarakat Indonesia merupakan ahli di bidang ekonomi. Bahkan, keahlian ini didapat sebelum mereka mencicipi kerasnya bangku sekolah. Bakat alam yang dimiliki sebelum lahir. Sarjana otodidak yang nggak pernah nyicip bangku sekolah.

Barang dengan harga seratus ribu bisa jadi sepuluh ribu. Pedagang yang pelit sekalipun akan jadi dermawan kalau sudah bertemu ekonom Indonesia. Ekonom yang nggak pernah sekolah ekonomi.

Kalau sudah ketemu ahli ekonomi Indonesia, tidak ada barang mahal. Tinggal ada dua kategori, murah dan murah banget. Dan itu berlalu juga untuk mobil murah baru yang jor-joran diiklankan belakangan ini.

Sayangnya, yang namanya sarjana otodidak ini punya banyak kelemahan. Semua kemampuan yang dimiliki bisa luntur seketika. Sebabnya bisa jadi cuma karena Sang Ekonom jatuh cinta dengan barang yang dijajakan. Apalagi kalau sudah diberi cap murah. Semua kemampuan jadi hilang sama sekali. Akal sehat langsung rusak.

Lucunya Komentar Warganet

Kalau sudah begitu, apa pun ilmu yang dimiliki jadi nggak berguna samasekali. Dan itu yang terjadi dengan orang-orang yang menonton video di Youtube ini: Sebab Mobil Bekas di Jepang Itu Murah. Setidaknya hal itu dapat dilihat dari tanggapan warganet. Kebanyakan tanggapannya pada ngelantur.

Padahal, bila diperhatikan dengan saksama, banyak sekali yang ngganjel dalam video tersebut. Pertama, judul tidak sesuai. Katanya Sebab Mobil Bekas di Jepang Itu Murah. Kenyataannya sepanjang tiga menit lebih satu detik, nggak ada penjelasan mobil bisa murah sama sekali. Mobil murah baru pun masih mahal.

Kedua, setelah video berjalan satu menit lebih lima puluh lima detik. Pada detik tersebut, ada percakapan pembawa acara (sebut saja begitu) dengan orang lain. Orang lain itu bilang, harganya sama dengan di Indonesia.

Akan tetapi warganet malah menanggapinya dengan kebanggaan. Orang Indonesia lebih kaya dari Jepang. Ada pula yang sok tahu. Kata warganet, di Jepang BBM mahal. Pajak kendaraan mahal. Transportasi umum lebih cepat dan murah.

Anggap saja semua omongan warganet itu benar. Akan tetapi, mereka tetap kurang cerdas. ‘Kan judul video tersebut Sebab Mobil Bekas di Jepang Itu Murah? Tidak ada penjelasan dalam video tersebut, Bung. Dan warganet malah memberi tanggapan yang nyeleneh.

Seharusnya mereka kritis. Video yang tidak sesuai judul, atau apa kek. Itu lebih baik daripada jadi orang sok tahu. Pamer pengetahuan tapi tidak sesuai dengan yang dibicarakan.

Miris tentunya dengan hal ini. Orang-orang terpelajar (karena yang bisa nonton Youtube saya anggap demikian), begitu tekstual melihat sebuah fenomena. Semoga saja masih ada orang pintar yang jeli dengan hal ini.

Butuh Perhatian Pemerintah

Melihat kejadian-kejadian yang ada di jagat maya, alangkah baiknya kalau pemerintah mau memberi bimbingan. Sebab mereka (warganet) adalah orang pintar. Terbukti dari pengetahuan mengenai harga BBM di Jepang.

Pemerintah bisa saja membuat tutorial berpendapat. Ditampilkan waktu pertama masuk Youtubeseperti iklan-iklan ojek. Atau tindakan kreatif lain yang bisa ditawarkan. ‘Kan pemerintah punya banyak orang pintar bergelar PNS.

Dengan demikian, warganet jadi tidak asal-asalan menulis komentar. Dipikir dahulu, dicelup kayak Oreo, baru diposting. Salat istiqoroh (untuk yang muslim, yang nonmuslim menyesuaikan) sebelum menulis komentar. Supaya kehidupan warganet bisa terjaga kerukunannya.

Sumber gambar: www.tantemobil.com

Written by Permadi Suntama

Pengamat sepakbola Jepang. Sering nonton bola lewat live score.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

uget uget - Manusia Terbang Impian Icarus Telah Menjadi Kenyataan

Manusia Terbang Impian Icarus Telah Menjadi Kenyataan

uget uget - Kutipan Dialog Film D.P.O yang Menohok

Kutipan Dialog Film D.P.O yang Menohok