uget uget - Misteri Lagu Terpendek Sedunia

Misteri Lagu Terpendek Sedunia

UGETUGET – Misteri lagu terpendek sedunia ternyata masih dipegang oleh Napalm Death. Mereka adalah band death metal atau tepatnya grincore, yang berasal dari Britania Raya, alias Inggris.

Melansir dari Guinness World Record, band asal Inggris ini pernah merilis lagu yang berjudul ‘You Suffer’ pada tahun 1987. Apa yang spesial? Ternyata lagu ini hanya berdurasi 1 detik lebih. Bahkan 2 detik pun tak sampai. Jadi harus menggunakan ukuran mili- atau mikrodetik.

Pada waktu The S.I.G.I.T mengadakan konser di Liquid Jogja. Tepatnya pada tahun 2009 dalam acara Launching Party ‘Hertz Dyslexia’, saya ikut nonton. Saat itu ada tiga band pembuka yang menurut saya keren-keren. Ada Jenny, The Frankrover, dan Coffin Cadillac.

Dari empat band di atas, yang membuat saya kaget dan terperangah adalah Coffin Cadillac. Band ini terdiri dari tiga orang. Dandanannya pun aneh. Ada yang memakai helm dan jaket tebal mirip tukang ojek. Ada yang dandanannya anak band banget. Secara visual, pokoknya tidak “patut” dipotret.

Kebetulan saat itu saya membawa sebuah kamera DSLR. Meskipun secara visual wagu, tapi saya tetap ingin mengambil foto mereka. “Justru ini adalah tantangannya,” batin saya.

Tapi, setelah band ini memperkenalkan diri dan langsung main lagu pertama, saya dibuat terperangah. Bahkan telunjuk tangan kanan saya saat itu pun tak sanggup menekan tombol kamera.

“Ya, demikianlah lagu pertama dari kami,” ucap vokalis Coffin Cadillac. Padahal hanya berselang beberapa detik saja dari perkenalan dirinya. Saya sungguh takjub. “Band aneh macam apa lagi ini?” pikir saya.

Ternyata keanehan tersebut diulanginya lagi. Semua lagu yang ditampilkan berdurasi pendek-pendek. Benar-benar misteri lagu terpendek sedunia.

Bagi saya yang saat itu belum mengenal performance art, nalar musik saya dihantam habis-habisan oleh band itu. Sehingga, saat tahu tentang Napalm Death, saya sudah tidak kaget lagi.

Dalam album vinylnya, Napalm Death menghadirkan lagu berjumlah 13 buah. Anehnya, durasi dari keseluruhan album adalah 83 detik. Jika kalian belum pernah mendengar musik atau band macam ini, segera dengarkanlah. Karena mereka adalah satu-satunya kelompok musik yang mampu membuat anak kecil berhenti menangis!

Dan kamu akan memahami misteri lagu terpendek sedunia ini.

Sumber gambar: Djarumcoklat.com

Yuk, Dapetin Konten Keren di Email

Kita pilihkan konten yang pasti kamu suka. Masukkan emailmu