Misteri Kemunculan Pasukan Lampor Nyai Roro Kidul Muncul Lagi. Pertanda Apa?
Sumber gambar: Instagram @dominiquepramuditta
in

Misteri Kemunculan Pasukan Lampor Nyai Roro Kidul Muncul Lagi. Pertanda Apa?

UGET-UGET | Tampaknya, tak akan ada habisnya jika kita ingin membicarakan kisah misteri atau mistik. Sensasi merasakan ketakutan pun tak menghalangi setiap dari kita untuk meneruskan cerita dari siapapun kepada siapapun, baik saat berdua maupun beramai-ramai. Terlebih di dunia teknologi seperti saat ini, informasi melaju dengan cepat, khususnya informasi berbau klenik dan mistis.

Salah satu yang baru-baru ini viral dan banyak diperbincangkan oleh masyarakat adalah tentang keberadaan sebuah foto yang menangkap deburan ombak di pantai Timang, Gunung Kidul, yang menyerupai sosok kuda dan kereta kencana. Ada yang bilang itu penampakan Ratu Kidul dan pasukan Lampornya, pun ada yang bilang itu hanyalah editan belaka.

Pertemuan pertama saya dengan informasi berlangsung kemarin malam. Sembari menunggu babang ojol yang tak kunjung datang, saya menghabiskan waktu dengan ngobrol bersama warga yang meramaikan warung di sekitar tempat kerja. Terdiri dari bapak-bapak yang mungkin kurang belaian kasih sayang, saya dekati mereka yang tampak tengah asik membahas sesuatu.

Setelah melihat, ternyata mereka tengah mendiskusikan keaslian dari foto Lampor yang tengah viral melalui Instagram tersebut.

Usut punya usut, foto tersebut berasal dari akun bernama @Dominiquepramuditta yang kemudian disebarluaskan oleh @Soloinfo. Dari akun Instagram Dominique sendiri, foto ini sudah mendapatkan 1.976 suka dan dikomentari lebih dari 100 orang. Sedang dari akun @Soloinfo, postingan tersebut disukai oleh 7,216 orang dan dikomentari oleh hamper 400 orang.

Dalam keterangan, Dominque menjelaskan bahwa mendapatkan foto tersebut dari seorang kawan.

“Di Pantai Timang, Gunung Kidul. Waktu gelombang tinggi kemaren pada hari Kamis tanggal 19/7/2018. Tadinya gak ngeh sih, setelah saya amati, deburan ombak di foto itu menyerupai sosok kuda dan kereta kencana. Konon katanya itu adalah kereta kencana Nyi Roro Kidul yaa. Saya gak mengedit foto itu, sama sekali. Mungkin persepsi kita berbeda2 ya. Silahkan ini soal percaya dan gak percaya. Ingat selalu hati-hati dan waspada,” jelas Dominique dalam keterangan yang ada di unggahannya.

Misteri Kemunculan Pasukan Lampor Nyai Roro Kidul Muncul Lagi. Pertanda Apa?
Sumber gambar: Instagram @dominiquepramuditta

Apa sih Lampor?

Dalam budaya Jawa, lampor dikenal sebagai setan yang kemunculannya selalu berjumlah banyak dan bersuara gaduh. Wujudnya kadang berupa bola api beterbangan, kadang berupa prajurit-prajurit Jawa zaman ini. Hantu ini konon adalah hantu yang ganas, sangat ganas. Kemunculannya pasti membawa maut.

Biasanya Lampor muncul pada peristiwa yang oleh orang Jawa disebut Pageblug, atau padanan Indonesianya berarti bencana. Untuk mengakhiri teror Lampor, apabila ada yang mati di hari yang sama, harus segera dikubur sungsang di satu liang. Setelah itu, teror Lampor akan segera berakhir. Konon, di daerah pesisir selatan Jawa, peristiwa ini (amukan Lampor) masih sering terjadi menimpa masyarakat.

Dilansir dari Merdeka.com, isu setan Lampor ini marak pada tahun 1960-an. Namun, lambat laun semakin menghilang. Saat ini mungkin tidak banyak anak muda yang mengenal Lampor. Dan kemungkinan besar, desas-desus seputar Lampor muncul juga karena banyaknya wabah penyakit pada masa itu, yang bisa menyebabkan kematian bahkan saat orang tidur.

Untuk kemunculannya ini, yang kemudian disusul oleh kemunculan lava pijar di Anak Gunung Krakatau pada sore harinya, menurut Beritasatu.com bahkan muncul hingga 117 kali, apakah ada isyarat atau pertanda tertentu dari alam? Kita tunggu saja jawabannya sembari berdoa, semoga perlindungan Tuhan selalu bersama kita.

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Fitur Baru WhatsApp Untuk Memerangi Hoax dan Spam

Fitur Baru WhatsApp Untuk Memerangi Hoax dan Spam

Viral Video Audisi KDI Waode Sofia, Fatin Shidqia Membagikan Pengalaman Saat Ikuti Ajang Pencarian Bakat

Viral Video Audisi KDI Waode Sofia, Fatin Shidqia Membagikan Pengalaman Saat Ikuti Ajang Pencarian Bakat