Minuman Dingin Tidak Bikin Gendut Kok, Ini Faktanya
Sumber gambar: www.britannica.com
in

Minuman Dingin Tidak Bikin Gendut Kok, Ini Faktanya

UGET UGET – Minuman dingin atau air es sering dianggap dapat membuat badan semakin gendut. Mitos yang beredar, katanya air es bisa membuat lemak menumpuk, khususnya di bagian perut. Sehingga air es dianggap bisa membuat perutmu buncit. Mitos ini membuat beberapa orang yang sedang diet pun menghindarinya. Namun ternyata mitos ini sepenuhnya salah lho.

Pada orang yang sedang menjalani program diet, tentu minuman dingin benar-benar dihindari sebelumnya. Sebab air es dianggap bisa menggagalkan program penurunan berat badanmu. Namun faktanya, menurut Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, air dingin yang diminum justru akan menghangatkan hingga sesuai dengan suhu tubuh, sehingga tidak mungkin membekukan lapisan lemak.

Lagipula air es sama halnya dengan air biasa. Seperti dikatakan Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Rumah Sakit Pondok Indah–Bintaro Jaya, dr Diana F Suganda M Kes SpGK, dilansir Liputan6.com, anggapan itu tidak benar. Menurut dia, air es atau air kemasan yang dimasukkan ke kulkas sebelum diminum, tidak ada kalori sama sekali alias nol.

“Yang jahat itu, kalau kita biasanya minum air es (dicampur sesuatu). Habis makan, minum es teh manis. Tambahan gula itu membuat kalori bertambah,” begitu kata dr Diana. Nah sekarang sudah tahu faktanya kan. Air es tidak akan membuat berat badanmu tak terkontrol. Air es juga tidak ada pengaruhnya dengan kenaikan berat badan.

Air yang diminum dalam keadaan dingin memang jauh lebih menyegarkan. Apalagi kalau diminum ketika tubuh dalam keadaan panas dan berkeringat. Air dingin seakan menjadi suntikan energi. Badan yang tadinya lemas dan pikiran yang tadinya suntuk seketika segar kembali setelah minum air dingin.

Nah yang berbahaya itu ketika minuman dingin itu dicampur dengan gula. Entah itu es jeruk manis, es teh manis, es soda gembira, atau softdrink dingin. Gula pada campuran air es itu lah yang menghambat proses penurunan berat badan.

Coba saja kalian bandingkan antara ketika makan dengan minum air es, dengan makan bersama segelas es teh manis. Minum es teh manis setelah makan memberikan rasa kenyang yang berlebihan bukan?

Saat selesai makan perut masih terasa baik-baik saja. Namun setelah menyeruput es teh manis, perut terasa begah. Apalagi kalau kamu menghabiskan segelas es teh manis tersebut. Rasa begahnya semakin membuat perut tak nyaman. Sebab rasa manis pada es teh memberikan tambahan kalori.

Sekadar air putih saja, sekali pun dingin, tidak bikin gendut kok guys. Sebab air putih tidak berkalori. Melainkan hanya memiliki kandungan mineral. Lagipula minum air putih baik hangat maupun dingin tetap bermanfaat sama dengan tubuhmu. Asal air putih itu dimasak dengan baik.

Artinya air putih menggunakan air yang bersih. Air pun dimasak hingga kematangan 100° C. Kalau pun ingin menggunakan es batu. Airnya haruslah menggunakan air yang matang, bukan air mentah. Tentu ini akan jauh lebih sehat bagi pencernaanmu.

Sumber gambar: www.britannica.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Cuaca Tidak Bersahabat Kita Harus Bagaimana

Cuaca Tidak Bersahabat: Kita Harus Bagaimana?

Popcorn, Makanan Ringan yang Sering Dianggap Berbahaya Bagi Kesehatan

Popcorn, Makanan Ringan yang Sering Dianggap Berbahaya Bagi Kesehatan