Didiskualifikasi dari Asian Para Games Cabang Judo Miftahul Jannah Ingin Jadi Atlet Catur Saja
Sumber gambar: liputan6.com
in

Didiskualifikasi dari Asian Para Games Cabang Judo, Miftahul Jannah Ingin Jadi Atlet Catur Saja

UGET-UGET | Media sosial belakangan ini sedang ramai memperbincangkan Miftahul Jannah, seorang atlet Judo yang didiskualifikasi dari Asian Para Games 2018 karena keteguhannya mempertahankan syariat Islam dengan tidak mau melepas hijab.

Keputusannya tersebut mendapatkan pujian dari berbagai pihak. Banyak yang menilai bahwa keputusan Miftahul ini sudah sangatlah benar.

Setelah ini, dia memutuskan untuk pensiun dari olahraga Judo dan ingin menjadi atlet catur. Sebelumya Miftahul juga sudah menekuni olahraga catur ini sebelumnya. Perempuan cantik itu memilih kembali pada olahraga catur karena memang tidak ada larangan berhijab di sana.

Memang jika berbicara tentang syariat, iman, dan kepercayaan, rasanya itu semua tidak bisa ditukar dengan apapun. Ini juga yang menjadi dasar bagi Miftahul Jannah yang dengan ikhlas menerima keputusannya didiskualifikasi.

Atlet asal Aceh tersebut mengaku lebih memilih mempertahankan harga dirinya dan juga martabat Aceh. Gelar juara Asian Para Games sekalipun tidak akan lebih berharga dari dua hal itu.

Didiskualifikasi dari Asian Para Games Cabang Judo Miftahul Jannah Ingin Jadi Atlet Catur Saja
Sumber gambar: liputan6.com

“Mohon maaf, tetapi apa yang saya lakukan adalah bentuk harga diri dan menjaga marwah masyarakat Aceh, yang dikenal dengan syariat Islam. Saya tidak ingin menggadaikan harga diri dan martabat Aceh, hanya untuk gelar juara semata. Setidaknya, saya telah mampu mengendalikan diri saya, agar hebat di mata Allah swt.,” terang Miftakul Jannah dilansir dari BolaSport.com.

Sebuah ungkapan yang luar biasa dari Miftahul. Prinsip kuat yang pantas untuk kita hormati. Ini memang keputusan yang sudah dia ambil dengan penuh pertimbangan. Lagi pula, dari pihak panitia juga harus teguh dengan peraturan internasional. Memang olahraga Judo ini melarang para atlet untuk berhijab karena dinilai ada gerakan tertentu yang dinilai bisa membahayakan.

Tidak perlu saling membuat perpecahan dan saling menyalahkan dalam hal ini. Kita bangga terhadap Miftahul dengan prinsip kuatnya. Namun kita juga tidak boleh mengabaikan alasan keselamatan dari aturan internasional olahraga Judo. Semoga saja kedepannya ada jalan keluar untuk hal ini. Hijab desain khusus untuk Judo mungkin?

Bagaimana pun, saya yakin kejadian ini bisa membawa kemajuan dan dampak baik untuk olah raga Judo. Tidak terkecuali dengan adanya solusi bagi para atlet muslimah berhijab yang juga ingin meraih prestasi di cabang olah raga ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Ini Keuntungan Cewek yang Punya Rambut Pendek

Ini Keuntungan Cewek yang Punya Rambut Pendek

Inilah Untung Rugi Kompetisi UEFA Nations League

Inilah Untung Rugi Kompetisi UEFA Nations League