Sumber gambar: www.bekraf.go.id
in

MIEFF 2018: Seni, Budaya, Tradisi dan Alam dalam Satu Ruang

UGET-UGET | Sulawesi Selatan terkenal akan keindahan alamnya. Selain itu, warisan seni, budaya dan tradisi dari 11 suku bangsa yang masih bertahan sampai sekarang, sayang untuk dilewatkan. Dari tahun ke tahun, selalu ada peningkatan jumlah wisatawan di provinsi yang terkenal akan tradisi dari Suku Toraja ini.

Dilansir dari Beritagar.id, Sekretaris Daerah Sulawesi Selatan, Tautoto Tana Ranggina Saroengallo menyampaikan jumlah wisatawan di daerah ini selalu meningkat dari tahun ke tahun. Hingga saat ini, tercatat 234.249 orang wisatawan mancanegara dan 8,4 juta wisatawan domestik sudah mengunjungi Sulsel.

“Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Makassar mencapai 74% sedangkan ke Toraja 8%, Bulukumba 2%, dan destinasi lain 2%,” ungkap Ranggina.

Makassar International Eight Festival & Forum

Sejak tahun 2016, pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata menggelar event tahunan bertajuk Makassar International Eight Festival & Forum (MIEFF). Dalam acara tersebut, pengunjung dan wisatawan bisa menikmati delapan acara utama yang disebut 8F, yaitu Film, Folf, Fashion, Food & fruit, Fine Arts, Flora & fauna, Fiction writers & font dan Fusion music.

MIEFF 2018 Seni, Budaya, Tradisi dan Alam dalam Satu Ruang
Sumber gambar: www.bekraf.go.id

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuti menjelaskan bahwa penyelenggaraan event F8 ini merupakan keinginan dari pihaknya untuk menunjukkan Makassar sebagai destinasi wisata menarik. Bahkan, dirinya pun berharap ingin menjadikan Makassar sebagai interkoneksi pariwisata laut yang indah dan mengagumkan yang dimiliki Indonesia.

“Sulawesi Selatan adalah pilar utama, yaitu pilar pariwisata. Pariwisata di Makassar menjadi utama bagi kami untuk mengoneksikan segalanya,” jelas Esthy seperti dilansir dari Republika.co.id.

Dalam bahasa lain, F8 bisa disebut juga sebagai panggung bagi penulis, sineas, fotografer, desainer, komunitas dan seniman lain. Di panggung tersebut, mereka bisa bebas menyuguhkan karya yang bisa dinikmati banyak orang. Tentu kesemua karya tersebut diolah dari potensi-potensi lokal Makassar dan sekitarnya.

MIEFF 2018

Tahun ini menjadi tahun ketiga penyelenggaraan MIEFF di Makassar. Dipastikan, penyelenggaraan tahun ini tak kalah meriah dari tahun-tahun sebelumnya. Menurut rencana, MIEFF 2018 akan diselenggarakan pada 6-10 Septermber di Makassar.

Dalam acara tersebut, pengunjung bisa menikmati sajian seni budaya berskala internasional yang disajikan secara kreatif dan atraktif dengan panggung berlatar alam. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati kuliner khas Makassar dan merasakan sensasi makan di kapal pinisi yang terletak di tepi Pantai Losari. Pengadaan festival makanan tepi laut yang diramaikan oleh 200 stan penjual makanan, tentu menjadi momen yang sayang untuk dilewatkan.

Bosan menikmati kuliner? Anda bisa memilih dan bertransaksi kerajinan tangan dari warga lokal yang akan dipamerkan di The Seaside Marketplace.

Yang membedakan MIEFF dengan festival lainnya di Indonesia adalah kemampuannya untuk mengemas budaya, alam dan seni ke dalam satu wadah yang menarik untuk dinikmati. Setelah Anda puas merasakan kuliner dan memilih kerajinan tangan, Anda bisa mendatangi bagian Fiction Writers and Font.

Dalam gelaran tersebut, Anda bisa menikmati berbagai jenis karya sastra dan pertunjukkannya. Mulai dari pembacaan puisi, teater, pantun dan cerita pendek. Bahkan, panitia pun memasukkan sastra tradisi ke dalam rangkaian acaranya.

Biru Samudra

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Inovasi Mahasiswa Indonesia Demi Selamatkan Kamu dari Bahaya Cahaya Gawai

Inovasi Mahasiswa Indonesia Demi Selamatkan Kamu dari Kecanduan Cahaya Gawai

Mulai Bosan dengan Kondisi Rumah Saatnya Kamu Bersih Bersih Rumah

Mulai Bosan dengan Kondisi Rumah? Saatnya Kamu untuk Bersih Bersih Rumah