Messi Pulang Kampung. Ronaldo Menyusul Beberapa Jam Kemudian.
Sumber gambar: NYTimes
in

Messi Pulang Kampung. Ronaldo Menyusul Beberapa Jam Kemudian.

UGETUGET – Banyak pemain bintang dunia yang tidak pernah memenangkan Piala Dunia. Dan setelah pertandingan semalam, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo pun masuk ke dalam daftar panjang tersebut.

Kini Messi berusia 31 tahun, ahli dalam menggiring bola jarak pendek dan serangan cepat. Sedangkan Ronaldo berusia 33 tahun, kuat dalam produktivitas gol bagi klub yang dibela maupun negaranya.

Dan semalam ia mendapatkan kartu kuning pertama di Piala Dunia saat memprotes keputusan wasit yang tidak memberikan tendangan bebas bagi Portugal setelah Quaresma terjatuh.

Keduanya memiliki keinginan kuat untuk membawa pulang trofi Piala Dunia ke negaranya. Keduanya berharap besar, dan kini merasakan frustasi yang sama.

Sore mendung di dekat Sungai Kazanka, Messi dan timnya dibuat tak berdaya oleh strategi tim lawan, Perancis. Skor akhir 4-3 untuk kemenangan Les Bleus.

Messi Pulang Kampung. Ronaldo Menyusul Beberapa Jam Kemudian.
Sumber gambar: NYTimes

Beberapa jam kemudian, di tepian Laut Hitam, Ronaldo dan tim diakhiri perjalanannya setelah Edinson Cavani berhasil mencetak gol dan mereka gagal menembus baris pertahanan tim Uruguay. Skor akhir 2-1 untuk kemenangan Uruguay.

Berikut adalah review singkat dari pertandingan babab 16 besar pertama seperti dilansir dari Dirtysouthsoccer.com:

Prancis 4-3 Argentina 

Masuk ke babak 16 besar sebagai tim kuda hitam. Argentina menyadari; mereka tidak boleh membuat kesalahan sedikitpun jika ingin maju ke babak berikutnya. Awalnya, mereka pun tampak begitu. Bermain rapi, aman dan disiplin.

Namun kegagalan pertama dirasakan timnas Argentina saat Kylian Mbappe mendapatkan penalti, setelah dirinya berlari cepat melewati pertahanan Argentina untuk menyambut bola dengan tendangan namun didorong oleh Marcos Rojo, tepat di dalam kotak penalti.

Marcos Rojo mendapatkan kartu kuning pertama dan tendangan penalti diambil alih oleh Antoine Griezmann. Gol untuk Prancis.

Messi Pulang Kampung. Ronaldo Menyusul Beberapa Jam Kemudian.
Sumber gambar: NYTimes Messi

Setelah gol pertama tersebut, semua orang berpikir bahwa pertandingan telah berakhir: Prancis pasti akan kembali ke gaya permainannya yang membosankan. Yah, gak begitu juga sih.

Argentina masih berusaha untuk terus menyerang. Hasilnya, di menit 41, Angel Di Maria mencetak gol indah dari luar kotak penalti, mengejutkan Hugo Lloris dan seluruh pemain bertahan Perancis.

Gol ini menjadikan Argentina bermain lebih santai dan percaya diri. Di babak kedua, mereka bermain lebih agresif dan mengambil alih kepemimpinan di menit 48, saat Mercado mengubah arah tendangan Messi dan membuat Lloris salah langkah.

Tak butuh waktu lama bagi Prancis mengejar ketertinggalan, di menit 57 Benjamin Pavard mencetak gol, dan barangkali bisa disebut sebagai gol terbaik di Piala Dunia 2018 sejauh ini.

Setelah gol tersebut, pertandingan tampak sudah berakhir: Argentina tak mampu dan tak memiliki energi cukup dalam mengimbangi permainan Perancis. Sedangkan timnas Perancis, yang didominasi pemain muda, akhirnya mengambil alih pertandingan.

Mbappe pun membuktikan dirinya sebagai calon bintang sepak bola di masa mendatang dengan mencetak dua gol dalam pertandingan ini.

Uruguay 2-1 Portugal

Kedua tim belum menunjukkan permainan indahnya sejauh ini di Piala Dunia. Namun, hal mengejutkan terjadi saat Uruguay memimpin di awal pertandingan, saat Edinson Cavani mencetak gol dengan kepala (atau pundaknya) di menit 7.

Ia harus mengucapkan terima kasih atas tendangan sudut dari Luis Suarez.

Selama pertandingan, bola lebih banyak dikuasai oleh timnas Portugal: mereka terus membuat kesempatan yang gagal bersarang di gawang Uruguay. Mereka terus menerus menyerang, namun gagal menembus baris pertahanan Uruguay yang sangat rapat.

Hingga akhirnya, di menit 55, Portugal mencetak gol pertama melalui sundulan Pepe.

Messi Pulang Kampung. Ronaldo Menyusul Beberapa Jam Kemudian.
Sumber gambar: Sky News

Posisi imbang itu tak bertahan lama, karena Edinson Cavani sekali lagi mencetak gol dan membawa Uruguay memimpin pertandingan. Setelah itu, Portugal kembali mendominasi permainan namun, sekali lagi pula, gagal menembus baris pertahanan tim Uruguay.

Hasil akhir 2-1 untuk kemenangan Uruguay dan menjadikan tim ini akan berhadapan dengan Perancis di babak selanjutnya yang digelar pada 6 Juli.

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Pilihan Tempat Wisata di Solo Ini Bisa Menjadi Referensimu Ketika Berkunjung Kesana

Pilihan Tempat Wisata di Solo Ini Bisa Menjadi Referensimu Ketika Berkunjung Kesana

Preview Hari Kedua 16 Besar Piala Dunia

Preview Hari Kedua 16 Besar Piala Dunia