Orang Bertubuh Pendek Lebih Sulit Menurunkan Berat Badan
Sumber gambar: caralangsing.net
in

Orang Bertubuh Pendek Lebih Sulit Menurunkan Berat Badan

UGET UGET – Banyak perempuan melakukan diet demi mendapatkan berat badan ideal. Namun keberhasilan masing-masing orang tentu berbeda. Ada yang bisa merasakan perbedaannya dalam waktu cepat, namun ada pula yang lambat. Mungkin rasanya kesal karena berat badan tak kunjung turun, padahal kamu sudah bekerja keras. Nah mungkin ini salah satu faktornya.

Faktanya, tinggi badan berpengaruh pada cepat lambatnya upaya penurunan berat badanmu lho gals. Menurut President Obesity Medicine Association, Craig Primack, perempuan bertubuh pendek jauh lebih sukar menurunkan berat badan daripada mereka tinggi. Mereka yang dikatakan pendek di sini adalah mereka yang memiliki tinggi kurang dari 152 centimeter.

Dilansir tempo.co (19/4), perempuan pendek memiliki tingkat metabolisme basal (BMR) 1.200 kalori, sedangkan yang tingginya sekitar 179 centi meter BMR-nya 1750 kalori per hari. Karenanya perempuan bertubuh pendek memiliki metabolisme yang lebih lambat. Padahal rata-rata tingkat BMR adalah 1.400 kalori per hari. Dalam artian, normalnya, mereka yang berbaring di tempat tidur selama 24 jam mampu membakar 1.400 kalori.

Orang Bertubuh Pendek Lebih Sulit Menurunkan Berat Badan
Sumber gambar: caralangsing.net

Metabolisme tubuh ini sangat menentukan cepat lambatnya penurunan berat badan. Menurut penjelasan Craig, makin pendek seseorang, maka semakin sedikit pula energi yang dibutuhkan. Ini dikarenakan mereka yang pendek hanya memunyai sedikit masa tubuh tanpa lemak, termasuk organ, tulang, dan jaringan ikat. Sehingga jumlah kalori yang terbakar hanya sedikit.

Mereka yang bertubuh pendek juga memunyai organ tubuh yang lebih kecil. Sehingga tingkat metabolismenya pun berbeda dengan orang yang memiliki tinggi badan normal, atau bahkan tinggi. Nah karenanya tak heran orang bertubuh pendek memiliki badan yang lebih bulat atau gempal. Kalaupun diet, biasanya mereka akan mengeluh karena sulitnya mencapai berat badan ideal.

Sebenarnya setiap orang itu punya bentuk dan berat tubuh idealnya masing-masing. Dan cepat lambatnya hasil diet dan berolahraga tak bisa dipukul rata. Mungkin kalian yang bertubuh pendek heran, dengan mereka yang berbadan tinggi: bisa tetap kurus meski porsi makan lebih banyak. Atau lebih kurus, meski melakukan latihan yang sama beratnya denganmu.

Apa kamu sempat menyerah untuk diet dan olahraga hanya karena tak merasakan hasilnya? Mungkin ini jadi salah satu faktornya gals. Maka dari itu, jangan keburu menyerah ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Tren Hijab Bawal Pocong Asal Malaysia Ini Terlihat Mencekam

Tren Hijab Bawal Pocong Asal Malaysia Ini Terlihat Mencekam

Perempuan Jauh Lebih Cepat Menyembuhkan Luka Hati Pascaputus Daripada Laki-Laki

Perempuan Jauh Lebih Cepat Menyembuhkan Luka Hati Pascaputus Daripada Laki-Laki