Menonaktifkan Auto Download Media di WhatsApp Bisa Membuat Smartphonemu Anti Lemot
Sumber gambar: nextren.grid.id
in

Menonaktifkan Auto Download Media di WhatsApp Bisa Membuat Smartphonemu Anti Lemot

UGET UGET | Sebagian besar file yang ada di hp android kita adalah gambar atau foto. Semakin banyak dan besar file ini, maka hp android menjadi semakin lemot. Solusinya adalah dengan menonaktifkan auto download file gambar yang berasal dari WhatsApp.

Kenapa harus dinonaktifkan? Kita memiliki lebih dari 5 grup WhatsApp, dan bisa dipastikan akan menerima banyak sekali gambar yang kadang kontennya tidak terlalu penting.

Misal meme selamat pagi, siang dan malam, apalagi pas malam jumat, banyak meme dikirim tentang sunah rosul.

Meskipun hp android yang kita miliki memiliki kapasitas internal memori yang cukup banyak, tapi jika setiap hari menerima kiriman meme dari grup WhatsApp, maka pasti akan lemot juga.

Bagaimana cara menonaktifkan auto download file gambar di WhatsApp?

  1. Masuk menu setting
  2. Kemudian masuk ke bagian sub menu Data and storage usage

Tampilan gambar seperti di bawah ini

halaman setting whatsapp
Sumber gambar: ugetuget.com

Di sana ada beberapa pilihan yaitu, media (gambar/audio/video/document) akan didownload ketika menggunakan wifi saja atau ketika menggunakan mobile data (paket internet tersedia)

Karena kita hendak mengurangi jumlah sampah gambar dari grup WhatsApp, maka kita harus menonaktifkan semuanya, hilangkan centang pada setiap jenis media, seperti gambar di bawah ini.

hilangkan centangnya
Sumber gambar: ugetuget.com

Jangan lupa, ketuk tombol OK. Mungkin tangkapan layar di atas tidak selalu sama dengan hp mu, karena settingnya menggunakan Bahasa Indonesia dan saya menggunakan versi WhatsApp for business, tapi intinya sama.

HP Lambat Ketika Banyak File

Prinsipnya smartphone android menjadi lambat ketika banyak file di dalamnya. Dan, yang paling banyak menyumbang file itu dari grup WhatsApp.

Kalau file sampah (cache) dari aplikasi kita bisa membersihkannya dengan bantuan aplikasi.

Hampir semua aplikasi pembersih bisa melakukan itu, sebut saja clean master. Saya menggunakan aplikasi ini untuk bersih-bersih file cache. Nyatanya berhasil. Kamu bisa menggunakan aplikasi lainnya, seperti di bawah ini

  1. Files By Google
  2. CC Cleaner
  3. Clean master

Solusi Sederhana

Terdengar solusi di atas sangat sederhana. Memang sederhana, intinya adalah jangan ada banyak file di hp, apalagi banyaknya foto duplicate.

Vendor besar seperti xiaomi sudah mengantisipasi ini dengan menyediakan layanan cloud, seperti icloud milik apple. Smartphone xiaomi akan mengunggah gambar/foto yang dijepret ke layanan cloud, sehingga Anda bisa menghapus file yang ada pada perangkat ponsel tanpa khawatir.

Xiaomi menyediakan layanan cloud sebesar 5GB secara gratis. Jika kamu tertarik dan merasa cloud dari Xiaomi ini berguna, maka ada opsi berbayar untuk tambahan kuota.

Juga, pesan instan Telegram memiliki mekanisme berbeda dengan WhatsApp. Semua gambar yang dikirim melalui aplikasi Telegram tidak disimpan pada perangkat ponsel, tetapi disimpan pada server cloud, sehingga Telegram tidak memberikan file sampah.

Tips di atas tidak berlaku untuk telegram. Sayangnya, telegram tidak terlalu populer. Meskipun begitu, masa depan telegram sungguh menjanjikan.

Hanya saja dibutuhkan seseorang untuk mempopulerkan telegram. Mungkin Google seharusnya membeli telegram untuk menantang Facebook dengan WhatsApp-nya.

Written by Bimo

Web developer, menggunakan CakePHP sebagai inti pengembangan situs dan wordpress untuk bermain blog. Kadang-kadang menulis, coding. Suka bersepeda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Prostitusi Online Kembali Viral! Begini Komentar Para Artis

Prostitusi Online Kembali Viral! Begini Komentar Para Artis

Binatang-Binatang yang Luar Biasa

Binatang-Binatang yang Luar Biasa