Menjaga Berat Badan di Hari Lebaran, Kamu Perlu Kemauan yang Kuat!
Sumber gambar: yukdietsehat.com
in

Menjaga Berat Badan di Hari Lebaran, Kamu Perlu Kemauan yang Kuat!

UGETUGETYeeee hari lebaran telah tiba! Setelah sebulan penuh berpuasa, kini kamu bisa makan makanan yang enak dan yang kamu inginkan di hari raya idul fitri ini. Pasti kamu mulai mengincar opor ayam dan ketupat kan?

Hari lebaran atau hari raya idul fitri merupakan hari yang ditunggu umat muslim. Di hari ini umat muslim merayakan hari kemenangan yang telah mampu menahan nafsu tidak makan dan tidak minum selama sebulan. Tak hanya menahan nafsu makan, umat muslim juga menahan nafsu lainnya seperti nafsu amarah dan dendam dengan orang lain.

Jika umat muslim mampu melewati satu bulan penuh di bulan puasa kemarin, kini saatnya merayakan hari kemenangan karena telah berhasil melaluinya. Salah satu cara untuk merayakan hari kemenangan adalah dengan makan makanan khas di hari lebaran.

Sebelumnya saya juga telah menulis beberapa hidangan khas di hari lebaran yang ada di Indonesia. Hidangan tersebut meliputi ketupat, opor ayam, rendang daging, sambal goreng kentang, dan berbagai kue kering.

Kelima hidangan tersebut memang sering disajikan di hari lebaran dan memang sudah menjadi ciri khas. Kalau tidak ada hidangan tersebut di atas meja rasanya masih terasa suasana lebarannya.

Berbagai hidangan lebaran bisa dikatakan merupakan makanan yang sangat enak. Dari bahan dasarnya menggunakan daging ayam dan daging sapi. Untuk membuat ketupat juga memerlukan beras dan tentunya mengandung kalori cukup tinggi. Pada berbagai kue kering pun juga begitu, seperti kandungan telur dan keju yang bisa bikin berat badan makin bertambah.

Maka, ketika makan makanan khas lebaran sebaiknya kamu juga memikirkan berat badanmu yang bisa naik dengan cepat. Apabila kamu mengonsumsi makanan tersebut secara berlebihan, dikhawatirkan badanmu juga makin lebar-an.

Agar tidak terjadi kenaikan berat badan yang berlebih kamu harus mau menjaga berat badanmu. Sebenarnya caranya mudah jika kamu memiliki kemauan yang kuat untuk menjaga berat badan.

Menjaga Berat Badan di Hari Lebaran, Kamu Perlu Kemauan yang Kuat!
Sumber gambar: yukdietsehat.com

HINDARI MENGONSUMSI MAKANAN KHAS LEBARAN SECARA BERLEBIHAN

Memang, makanan khas lebaran itu sangat enak. Tapi kamu tidak boleh terlena dengan rasanya. Konsumsi secukupnya saja. Kalori dari makanan khas lebaran tersebut cukup tinggi, lho.

Untuk opor ayam dan rendang daging misalnya sudah mengandung lemak dari dagingnya. Untuk ketupat yang menggunakan beras juga mengandung karbohidrat. Sambal goreng kentang, kentangnya juga mengandung karbohidrat.

Wah benar-benar bisa bikin berat badan naik nih! Maka konsumsi secukupnya saja ya, jangan terlalu berlebihan.

MAKAN BUAH DAN SAYUR

Karena menu khas lebaran banyak menggunakan bahan dasar daging, agar tidak menimbulkan berat badan berlebih kamu perlu mengimbanginya dengan mengonsumsi buah dan sayur.

Percayalah, baru beberapa makan daging kamu akan cepat bosan, lho. Maka kamu perlu mengimbangi dengan makan buah dan sayur agar berat badanmu juga terkontrol. Agar kebutuhanmu seratmu juga terpenuhi. Jadi jangan lupa siapkan hidangan sayur dan buah di meja makanmu ya!

MINUM AIR PUTIH

Daripada minum yang manis-manis seperti sirup contohnya, lebih baik kamu perbanyak minum air putih. Sirup dan minuman manis memang sering dihidangkan saat lebaran, tapi rasa manis ini juga bisa bikin berat badanmu bertambah kalau berlebihan.

Untuk menghindari hal tersebut, lebih baik minum air putih saja ya. Air putih yang hangat bisa cepat membuatmu lebih terasa kenyang, lho. Hal ini bisa membuatmu untuk tidak ingin cicip-cicip makanan lagi karena sudah kenyang.

Sebenarnya sangat mudah bukan menjaga berat badan saat lebaran? Yang penting dibutuhkan kemauan yang kuat! Ayo jaga berat badanmu agar tidak makin lebar-an.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

5 Perbedaan Lebaran di Desa dan di Kota, Lebih Asik Mana Menurutmu

5 Perbedaan Lebaran di Desa dan di Kota, Lebih Asik Mana Menurutmu?

Terbang Menembus Langit: Seperti Burung, Ceritanya Terbang ke Cakrawala

Terbang Menembus Langit, Seperti Burung Ceritanya Terbang ke Cakrawala