Cewek Banget

Malas Bersihkan Tempat Tidur Bisa Meningkatkan Potensi Obesitas

UGET UGET – Kamar tidur menjadi tempat beristirahat kala lelah. Untuk menunjang kenyamanan, alangkah baiknya tempat tidur selalu dalam keadaan rapi dan bersih. Namun tak semua orang memiliki kebiasaan atau tertarik merapikan tempat tidur. Tahukah kamu, ini bisa meningkatkan potensi obesitas lho. Bagaimana bisa? Ngeri ya?

Di atas tempat tidur, orang biasa melakukan banyak seru. Entah itu tiduran, duduk, baca buku, bermain musik, nonton film, mungkin makan dan minum, dandan, olahraga ringan, hingga tempat ngobrol yang asyik. Banyaknya aktivitas yang dilakukan membuat tempat tidur sering kali mudah berantakan.

Ya, tempat tidur memang menjadi tempat yang harus rutin kamu bersih dan rapikan. Kalau kamu tipe pemalas, mungkin kamu akan membiarkan banyak barang berserakan di atas kasur; sprei kotor dan berantakan, selimut dibiarkan tidak dilipat; buku, boneka atau mainan memenuhi sebagian kasurmu. Akhirnya tempat tidurmu terlihat begitu sumpek dan kotor layaknya kapal pecah.

Malas merapikan tempat tidur itu bisa memicu masalah kesehatan lho. Salah satunya dapat memicu obesitas atau kegemukan. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Sleep Foundation, yang menemukan bahwa orang-orang yang malas menata atau merapikan tempat tidur mengalami peningkatan risiko obesitas daripada yang rajin.

Ini disebabkan tempat tidur yang kotor dan berantakan akan berpengaruh pada menurunnya kualitas tidur. Tentu tidur akan jauh lebih nyaman dalam keadaan bersih, rapi, dan harum bukan? Nah kualitas tidur yang buruk ini ditengarai akan menimbulkan masalah lain, salah satunya kegemukan. Karena itu, penting untuk menumbuhkan sikap rajin bebersih dan bebenah tempat tidur.

Minimal rutinlah mengganti sprei, selimut, juga sarung bantalmu. Setidaknya ini menghindarkan kasurmu agar tidak menjadi sarang tungau juga kuman yang berbahaya bagi kesehatanmu. Selain itu usahakan untuk tidak sengaja menaruh barang-barang elektronik di atas kasur. Selain bikin kamu tak leluasa, radiasinya juga dapat membahayakanmu lho.

Usahakan pula untuk selalu mengembalikan barang apapun yang kamu pakai pada tempatnya. Tempat tidur dengan banyak benda berserakan itu dapat membuatmu malas untuk bergerak alias mager.

Apalagi ketika barang-barang itu memakan tempat yang cukup banyak di atas kasurmu, pun menutupi jalanmu untuk turun dari kasur. Kamu harus lompat-lompat dulu agar tak sengaja menginjak barang-barangmu. Sungguh melelahkan bukan?

Karena itu bedakan fungsi kasur dengan meja dengan baik. Sehingga kamu pun tahu bisa tidur dengan leluasa dan tentunya nyaman. Tempat tidur itu ibarat singgasanamu lho.

Sumber gambar: malangvoice.com

Leave a Comment

Pingin konten seru tiap hari?

Dapetin konten menarik di emailmu

Makasih bro, tunggu konten dari kami ya

Ada kesalahan, coba ulangi lagi