Angkringan Lik Man yang Laris
Sumber gambar: cvtugurentcar.com
in

Menikmati Kopi Joss Di Angkringan Lik Man

UGETUGET | Menelusuri malam di Yogyakarta, kurang lengkap jika belum mampir dan menikmati segelas kopi joss legendaris dari angkringan Lik Man. Wangi, rasa, dan cara pembuatannya begitu unik, tiada duanya di Indonesia.

Beragam sajian khas angkringan ditata di atas bakul pikul yang menjadi daya tarik dan khas bagi tempat itu.

Di sepanjang Jalan Wongsodirdjan yang sempit ini tak hanya Lik Man, ada beberapa angkringan lain yang juga ramai pengunjung. Tapi memang Kopi Joss pertama kali diperkenalkan oleh sosok Lik Man.

Dulu Angkringan Lik Man hanya membuat kopi klotok saja (merebus kopi) pakai kaleng. Tapi setelah itu ia punya ide untuk memasukkan mawa (arang yang membara) biar lebih matang lagi kopinya. Dan setelah itu muncullah nama Kopi Joss!

Kopi Joss Angkringan Lik Man
Sumber gambar: yukepo.com

Sedangkan nama Joss itu ternyata diberikan oleh pelanggan-pelanggan setia angkringan itu lho, gaes. Suara khas saat arang yang membara bertemu dengan seduhan kopi panas serta rasanya yang berani membuat kopi ini pas dinamai Kopi Joss. Josssss!

Tak sedikit pengunjung yang sengaja berteriak dan mengabadikan kopi tersebut dengan kamera ponselnya.

Segelas Kopi Joss dihargai Rp 4.000, bubuk kopi yang dipilih turun temurun asli dari Yogyakarta bermerek Murni. Jika sedang ramai, sebanyak 15 bungkus kopi ukuran sedang dan satu karung besar arang habis diracik di angkringan itu.

Angkringan Lik Man buka mulai pukul 14.00-02.00 WIB. Semakin malam, suasana akan semakin ramai seperti siang hari.

Angkringan Lik Man yang Laris
Sumber gambar: cvtugurentcar.com

Selain Kopi Joss, beragam jenis minuman disediakan di angkringan ini mulai dari teh manis kental, susu jahe, hingga wedang tape.

Beraneka macam makanan khas angkringan antara lain nasi kucing. Berbagai sate mulai dari ayam, kerang, keong, telur puyuh, dan usus ayam pas menjadi teman ngobrol yang asik dan lezat sampai larut malam.

Harganya yang merakyat membuat angkringan ini memiliki pelanggan dari berbagai kalangan. Dari dulu, pada tahun 1960-an hingga 1990-an bahkan hingga sekarang, pelanggan kopinya lebih banyak tukang becak yang sehari-hari mangkal di Malioboro atau pegawai Stasiun Tugu.

Written by Rizky

Manusia Rock n Roll

5 Selebgram Indonesia Ini Bikin Gregetan! Nomor 4 Paling Greget

5 Selebgram Indonesia Ini Bikin Gregetan! Nomor 4 Paling Greget

Inilah Hal-Hal yang Akan Terjadi Pada Tubuhmu Ketika Kamu Mulai Rajin Olahraga

Inilah Hal-Hal yang Akan Terjadi Pada Tubuhmu Ketika Kamu Mulai Rajin Olahraga