Mengulas Sekilas Tentang Si Kurus Gemuk yang Unik
Sumber gambar: 8thinktank.co.id
in

Mengulas Sekilas Tentang Si Kurus Gemuk yang Unik

UGETUGET | Praktis, memang sekarang hampir semua barang memakai pelarik/kode batang (barcode). Sehingga data tentang barang itu gampang dicari.

Misalnya, di sebuah toko, kalau ada pembeli, gampang! Sret, lewatkan pelarik pada alat pembacanya, harga barang sudah muncul!

Berapa jumlah barang tersisa, langsung ketahuan, deh!

Jadi sebelum kehabisan barang, kan bisa cepat-cepat pesan lagi! Para pembeli juga jadi puas karena pelayanannya lebih cepat.

Coba kalau yang mencatat itu semua manusia. Jika sudah lelah, bisa salah tuh! Dengan pelarik, kemungkinan salah jadi sedikit!

Benar-benar cerdik ya si pelarik ini!

Tampil Lain

Ada beberapa sistem yang digunakan untuk membuat pelarik ini. Sistem yang digunakan secara Internasional adalah EAN-13 (European Article Numbering). Namun, Amerika Serikat menggunakam sistem UPC-A (Universal Product Code).

Setiap sistem ini mempengaruhi tebal tipis garis, angka yang dipakai, dan cara memberi kode. Jadi penampilan pelarik bisa beda-beda.

serial number pelarik
Sumber gambar: en.wikipedia.org (Serial Number).

Sekali lagi perhatikan sampul buku-buku yang ada tulisannya tertulis ISSN. ISSN (International Standard Serial Numbering) adalah kode yang dipakai EAN untuk terbitan buku-buku yang berseri.

Tukang Baca yang Oke

Mengulas Sekilas Tentang Si Kurus Gemuk yang Unik
Sumber gambar: en.wikipedia.org (Serial number yang multifungsi).

Alat pembaca pelarik mengubah garis-garis dalam pelarik ke sinyal listrik selama pelarik itu dilewatkan. Bahasa kerennya sih scanner atau pemindai. Alat itu membaca lebar garis dan jaraknya, dan mengubahnya kembali ke dalam angka-angka aslinya.

Nah, hasilnya akan dibaca oleh komputer.

Setiap pelarik punya karakter awal atau akhir khusus. Jadi jangan khawatir akan terbalik, karena pasti ketahuan dibaca dari depan atau belakang.

Ada bermacam bentuk pemindai ini. Namun, fungsinya sama, mengubah garis-garis itu menjadi angka semula.

Si Imut Lebih Cerdik

Kelihatannya pelarik sudah cukup canggih, ya?

Lalu ada yang lebih canggih lagi nggak? Ada dong!

Namanya RFID yang berfungsi seperti pelarik. Alat ini terdiri dari chip silikon dan antena. Besarnya bisa seukuran kartu kredit sampai yang ukurannya kecil imut-imut.

Kalau dilewatkan alat pembaca, data yang tersimpan dalam chip dapat diketahui. Isinya bisa tentang jumlah, ukuran, model, dan warna.

Dengan RFID ini setiap barang dapat dilacak. Karena, meski masih di dalam kotak tertutup, chip di dalamnya bisa terbaca jika dilewatkan alat pembacanya. Sinyal radio yang dipancarkan oleh chip bisa menembus sebagian bahan yang bukan terbuat dari logam.

Jadi, kalau pelarik harus dibaca satu-satu, chip RFID bisa dibaca sekaligus. Lebih hemat waktu, gaes.

Written by Arief

Kedamaian batin dan ketenangan pikiran adalah segalanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Wisata Seribu Batu Songgo Langit Yang Tengah Eksis

Wisata Seribu Batu Songgo Langit Yang Tengah Eksis

Sejarah Singkat Tentang Mesin Komputer

Sejarah Singkat Tentang Mesin Komputer