Mengulas Sekilas Tentang MP3
Sumber gambar: allegro.pl
in

Mengulas Sekilas Tentang MP3

UGETUGET | Teman-teman sering mendengarkan lagu dari kaset atau CD (Compact Disc)? Nah, kalau lagu-lagu itu ditransfer dalam bentuk digital, jadilah MP3.

MP3 merupakan singkatan dari Motion Picture Expert Group Layer 3. Kalau dalam sekeping kaset atau CD kita hanya bisa mendengarkan sekitar 10-20 lagu. Maka dalam bentuk MP3 kita bisa mendengarkan hingga ratusan lagu.

Untuk menyimpan lagu dalam bentuk MP3, file musik yang biasa kita simpan di CD akan dipadatkan atau dikompresi. Caranya, dengan membuang data-data digital yang tidak diperlukan.

Biasanya, rekaman yang dilakukan dalam bentuk CD akan merekam semuanya, termasuk sinyal yang tidak tertangkap telinga manusia.

Nah, dalam MP3 ini, sinyal-sinyal yang memang tidak tertangkap telinga manusia dihapuskan. Namun, penghilangan data digital ini tidak akan terlalu mengurangi kualitas suaranya.

Jadi, rekaman musik tetap terdengar jernih di telinga.

Lagu Masuk Saku

Zaman kini, berbagai jenis alat pemutar MP3 bertebaran. Mulai dari yang menyatu dengan jam tangan, handphone, sampai DVD player.

Struktur Berkas MP3
Sumber gambar: wikipedia.org

Nah, salah satu alat untuk memutar lagu-lagu dalam bentuk MP3 ini adalah iPod mini. Bentuknya seperti handphone dengan alat pendengar yang harus dipasang di telinga kita untuk mendengarkan lagu. Sejenis Walkman lah!

Dalam sebuah iPod mini, kita bisa memasukkan sekitar 1.000 lagu dalam bentuk MP3, yang bisa diputar hingga 74 jam berturut-turut. Makanya, para pembuat iPod mini punya semboyan “1.000 lagu dalam saku”. Banyaknya lagu yang ada dalam iPod mini tergantung besarnya kapasitas kartu memorinya.

Di bagian bawah iPod ada sebuah rongga yang bisa kita sambungkan dengan kabel USB (Universal Serial Bus) untuk menyambungkan dengan komputer.

Sementara itu, rongga bagian atas digunakan untuk mendengarkan musik menggunakan earphone.

Lagu Sesuai Selera

Mau yang lebih asyik?

Kita bisa memilih lagu-lagu kesukaan kita untuk dimasukkan ke dalam alat pemutar MP3. Salah satu caranya adalah dengan melakukan download atau mengambil lagu-lagu MP3 dari internet.

Saat ini banyak situs di internet yang menawarkan lagu-lagu gratis dalam bentuk MP3. Kita bisa melakukan download secara gratis dari berbagai situs.

Pastikan kalau sebelum download lagu dari internet file yang akan kamu unduh itu bebas virus.

Jika kita tidak kurang hati-hati, tak menutup kemungkinan kita tidak hanya mengambil lagu, namun sekaligus virusnya.

mp3 player
Sumber gambar: my-best.id (MP3 Player).

Written by Arief

Kedamaian batin dan ketenangan pikiran adalah segalanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Cowok Lebih Suka Cewek Tampil Apa Adanya Tanpa Makeup

Cowok Lebih Suka Cewek Tampil Apa Adanya Tanpa Makeup

Mari Kita Hemat Energi Demi Masa Depan Anak Cucu

Mari Kita Hemat Energi Demi Masa Depan Anak Cucu