Mengganti Data Faskes BPJS Bisa Melalui Online Kok
Sumber gambar: Mobile JKN-BPJS
in

Mengganti Data Faskes BPJS Bisa Melalui Online Kok

UGET UGET – Saya mencoba mencari cara bagaimana mengganti data faskes tingkat pertama BPJS, karena saat ini faskes tingkat pertama adalah di Puskesmas di dekat rumah. Kita tahu sendiri kalau Puskesmas itu biasanya buka sampai pukul jam 14.00.

Tidak ada gunanya memiliki faskes tingkat pertama dengan kualitas seperti itu. Bahkan ketika malam hari saya sakit demam, saya harus pergi ke rumah sakit dan membayar biaya pengobatan. Padahal seharusnya penyakit-penyakit seperti itu bisa dicover oleh BPJS.

Maka dari itu, saya berencana untuk memindahkan faskes tingkat pertama di klinik pratama yang dekat dengan rumah. Klinik Pratama adalah faskes tingkat pertama yang setara dengan Puskesmas, biasanya dimiliki oleh swasta sehingga pelayanannya cukup bagus. Bahkan ada klinik Pratama yang buka 24 jam yang disertai dengan IGD.

Mengganti Data Faskes BPJS Bisa Melalui Online Kok
Mobile JKN-BPJS

Ternyata, untuk memindahkan faskes tingkat pertama kita harus datang ke kantor BPJS. Tidak bisa secara online melalui website. Saya sudah mencoba mencari infonya di internet, semuanya mengatakan bahwa untuk mengganti data faskes harus datang ke kantor BPJS.

Karena tidak ingin mencari spekulasi lagi, saya ringankan langkah ini datang ke kantor BPJS dan mengantre. Di sana ada banyak sekali info info BPJS seperti cara mendaftar dan penggantian data. Pada saat mengantre, ada seorang petugas BPJS yang memberikan pengarahan kepada para nasabah. Petugas itu mempromosikan aplikasi BPJS berikut kemampuan aplikasi tersebut.

Dan ternyata, aplikasi mobile BPJS bisa digunakan untuk mengganti data faskes, tidak perlu datang ke kantor BPJS. Otomatis saya terkejut, karena di internet menyebutkan bahwa untuk mengganti data faskes harus datang ke kantor BPJS, artinya harus secara offline.

Ini sungguh lucu, dengan aplikasi BPJS berarti itu bisa diganti secara online. Hanya saja mungkin website BPJS belum memiliki fitur tersebut. Seharusnya antara aplikasi dan website memiliki kemampuan yang sama.

Aplikasi BPJS tersedia pada platform iOS dan Android. Silakan download secara gratis di sini atau cari di Google Play dengan kata kunci mobile JKN. Setelah itu proses instalasi berjalan cukup cepat, kamu hanya perlu memverifikasi nomor handphone dan email.

Selain itu data yang kamu perlukan adalah nomor BPJS dan nomor KTP. Setelah semuanya beres, kamu rasanya seperti memiliki asisten BPJS pribadi. Bahkan di sana juga ada kartu virtual, dimana dengan kartu itu kamu bisa mendapatkan layanan BPJS. Misalkan kartu fisik hilang, maka kamu tinggal menunjukkan kartu virtual kepada petugas rumah sakit.

Kartu virtual ini juga bisa dicetak dan dikirim melalui email. Katakanlah ada Rumah Sakit yang membutuhkan fotokopi kartu BPJS, maka kamu tinggal mencetaknya dengan menggunakan printer.

Written by Bimo

Web developer, menggunakan CakePHP sebagai inti pengembangan situs dan wordpress untuk bermain blog. Kadang-kadang menulis, coding. Suka bersepeda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Terlalu Picky Mungkin Jadi Alasan Kamu Masih Menjomblo

Terlalu Picky Mungkin Jadi Alasan Kamu Masih Menjomblo

Leg 1 Real Madrid Satu Kaki Melangkah ke Final

Leg 1 Real Madrid Satu Kaki Melangkah ke Final