Mengendalikan Ketegangan Jangan Biarkan Ia Merusak Suasana
Sumber gambar: post.sufo.vn
in

Mengendalikan Ketegangan: Jangan Biarkan Ia Merusak Suasana

UGET UGET – Pernah merasa tegang? Saya rasa semua orang juga merasakannya. Hanya saja tidak terkadang sulit untuk mengendalikan ketegangan itu.

Ada hanyak hal yang membuat kita tegang. Bahkan mungkin urusan-urusan seperti deadline tugas, pekerjaan, sampai urusan keuangan pun bisa saja membuat tegang. Padahal biasanya jika ketegangan sudah mencapai puncaknya, kita justru hanya akan malas melakukan apa-apa. Bisa juga justru membuat kita banyak pikiran dan akhirnya pusing tujuh keliling.

Bukan hanya perkara itu saja. Ketegangan juga sering muncul saat kita hendak presentasi atau berbicara di depan orang banyak. Jika belum terbiasa, maka biasanya ketegangan itu akan menguasai kita dan membuat kita gugup. Bahayanya, justru lupa dengan apa yang harus dikatakan.

Menurut saya, cara mengendalikan ketegangan yang baik itu bukan dengan menghilangkannya. Tapi dengan menjaganya. Jangan berlebihan, tapi jangan juga sampai hilang. Mengapa? Karena ketegangan itu tetap diperlukan agar kita punya fokus dan keseriusan. Jika ketegangan dapat kita pelihara dengan baik, dia tidak akan merugikan. Justru memaksa kita untuk melakukan persiapan dan tidak sembrono.

Jika orang sudah lepas sepenuhnya dari rasa tegang,  bukan tidak mungkin dia akan merasa super bisa dan pada akhirnya melakukan sesuatu dengan seenaknya. Tidak masalah jika memang orang-orang ini sudah expert benar dengan apa yang dia kerjakan. Jika tidak, dan hanya modal nekad saja, jangan lagi hasilnya bagaimana. Ketegangan ada untuk sebuah persiapan menuju kesiapan.

Gugup dan tegang saat akan melakukan sesuatu itu wajar.  Selagi kita tidak membiarkannya berlebihan. Dengan kata lain dapat mengendalikan ketegangan itu. Jika ketegangan itu liar, bukan tidak mungkin suasana tidak akan bisa dikendalian dengan baik. Suasana hati, pikiran, dan suasana sekitar tentunya.

Jadi, pastikan kita mampu mengandalikan ketegangan itu. Agar adanya bisa menguntungkan kita, bukan mengacaukan segalanya. Tidak perlu takut dengan ketegangan. Bahkan orang yang sudah tenar sekalipun merasakan demikian. Manusiawi, yang terpenting jangan dibuat berat. Jangan sampai mengganggu pikiran kita, jangan sampai merusak suasana juga.

Mengendalikan ketegangan adalah bagian dari mengendalikan diri. Tidak akan bisa dilakukan saat emosi kita berapi-api. Belajar sedikir demi sedikit untuk melakukan itu. Karena awal yang sulit bukan berarti kita tidak bisa melakukannya.

Sumber gambar: post.sufo.vn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Kejujuran Salah Satu Hal Terpenting dalam Setiap Hubungan

Kejujuran Salah Satu Hal Terpenting dalam Setiap Hubungan

Zara Merilis Rok Mirip Sarung yang Trendi Abis

Zara Merilis Rok Mirip Sarung yang Trendi Abis