Mengenang Kepala Babi Di Hari Ulang Tahun Luis Figo
Sumber gambar: sportdog.gr
in

Mengenang Kepala Babi Di Hari Ulang Tahun Luis Figo

UGETUGET | Luis Figo, pria yang bernama lengkap Luis Filipe Madeira Caeiro Figo ini baru saja menginjak usianya yang ke-46 pada 4 november 2018.

Peristiwa pelemparan kepala babi yang dilakukan Cules pada laga El Classico tahun 2002/2003 menjadi sebuah peristiwa yang sangat mengejutkan dari Figo, terlepas dari berbagai pencapaiannya.

Kejadian itu dikenang dengan sebutan ElPartido de La Verguenza’ (Pertandingan Memalukan). Laga itu memang berakhir 0-0, namun peristiwa ini disebutkan sebagai puncak kekesalan pendukung Barcelona kepada sang penghianat, Luis Figo.

Luis Figo tercatat menjalani debut karir profesionalnya di Sporting CP pada tahun 1989-1995. Kemudian berlabuh ke Barcelona selama 5 tahun. Setelah itu dia jatuh kepelukan rival Barca, Real Madrid di tahun 2000.

Dua klub Figo
Sumber gambar: 24h.com.vn (Figo di antara dua klub).

Semenjak kepindahan Figo ke Real Madrid, sejumlah spanduk-spanduk besar bertuliskan “Penghianat, Judas, dan Tentara Bayaran” ditujukan kepadanya. Dua musim berselang, tahun 2002, aksi pelemparan kulit jeruk, botol, pemantik api dan telepon genggam ditujukkan padanya.

Hingga suatu ketika Figo hendak melakukan tendangan pojok, Camp Nou dengan kursi 98.000 tersebut sebagai saksi puncak amarah pendukung Blaugrana. Kepala babi berlumuran darah dilemparkan ke bintang Portugal tersebut.

Insiden tersebut memicu Raul Gonzales, selaku kapten, memimpin rekan-rekannya untuk keluar lapangan. Bagi Raul aksi tersebut sudah kelewatan.

Insiden pelemparan kepala babi seperti disimbolkan dalam novel “Lord Of The Flies” karangan William Golding, bahwa hal itu merupakan aksi kebiadaban dan barbarisme sekelompok orang. Kepala babi itu representasi kemarahan Cules terhadap Figo.

Lantas bintang Portugal itu semakin naik pitam ketika Louis Van Gaal, pelatih Barcelona, mengatakan bahwa hal tersebut kesalahan Figo yang memprovokasi suporter dengan mengulur-ngulur waktu untuk melakukan sepak pojok.

kepala babi Figo
Sumber gambar: sport.sky.it (Kepala babi yang dilempar ke Figo).

Kemudian apakah penghianatan pantas dihadiahi kepala babi?

Sebagai seorang Figo kejadian ini tentu sangat menjengkelkan. Sedikit atau banyak peran dirinya saat berkostum Blaugrana sepatutnya dihargai.

Kejadian di Camp Nou saat itu mungkin akan sulit dilupakan oleh Figo, bahkan sampai di hari ulang tahunnya ke-46. Meski tidak tahu lebih tepatnya akan diposisikan di mana kejadian ini olehnya.

El Classico selalu menarik untuk dibahas dari berbagai peristiwa dan mengaitkannya. Bahkan mungkin Luis Figo saat ini turut pusing setelah Real Madrid dibantai di Camp Nou?

Namun sebelumnya, selamat ulang tahun Luis Figo!

Written by Budi

Sehat selalu.

Gabriele Sandri Menyatukan Ultras Italia

Gabriele Sandri Menyatukan Ultras Italia

Pesan Dari Kura-Kura Bintang

Pesan Dari Kura-Kura Bintang