Mengenali Diri Sendiri Sebelum Sibuk Menerka Dunia
Sumber gambar: intisari.grid.id
in

Mengenali Diri Sendiri Sebelum Sibuk Menerka Dunia

UGET UGET – Ada pekerjaan penting yang sering kita abaikan di dunia ini, yaitu mengenali diri sendiri. Banyak orang sibuk menerka-nerka dunia di luar sana, tetapi lupa pada dirinya. Padahal kita adalah orang yang seharusnya paling tahu dengan diri kita sendiri.

Kita selalu ingin tahu dan mengenal orang lain. Kita sering berusaha menerka-nerka mereka dan dunia di luar sana. Untuk apa? Agar kita bisa tahu bagaimana sebenarnya mereka itu. Sama seperti halnya mereka yang ingin tahu dan mengenal kita. Namun, jangan sampai terlupa untuk mengenal diri kita sendiri terlebih dahulu.

Apa untungnya bisa mengenali diri sendiri? Yang jelas, kita akan mampu mengukur batas kemampuan kita. Apa kelebihan dan kekurangan yang kita miliki. Kita memang harus tahu itu. Jika tidak, kita akan bingung bagaimana harus menggunakan kelebihan itu dan bagaimana pula harus menutupi kekurangan yang ada.

Lebih dari itu, jika kita sudah mengenal diri sendiri, kita juga akan tahu apa yang sebenarnya kita mau. Tujuan apa yang hendak kita capai. Sejauh mana kita mampu berbuat untuk meraihnya. Kita perlu bertanya dan menjawab pertanyaan itu dengan diri kita sendiri. Ini penting untuk masa depan kita nanti.

Jangan berpikir bahwa ini adalah hal gila. Sudah sepantasnya kita menjadi orang yang paling tahu dengan keadaan kita sendiri. Jangan jadi orang bingung yang selalu bertanya akan dibawa kemana diri kita nantinya. Jangan jadi orang yang suka bergantung pada orang lain dan berharap pada mereka untuk menuntun kita. Meminta bimbingan memang boleh, tetapi bukan bergantung tanpa punya pegangan kuat terhadap diri sendiri.

Orang lain boleh memandang kelebihan dan kekurangan kita. Namun, sepantasnya kita yang lebih tahu dulu soal hal itu. Pahami diri sindiri. Jujur pada diri sendiri untuk tahu kemampuan kita yang sesungguhnya. Dengan begitu, kita akan lebih mudah melangkah kedepannya. Karena kita tahu mana jalan yang sekiranya bisa kita lalui, dan mana yang harus kita hindari karena keterbatasan yang sudah kita sadari.

Sumber gambar: intisari.grid.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Hati-hati Bermain Hati Bisa Jadi Bumerang untuk Diri Sendiri

Hati-hati, Bermain Hati Bisa Jadi Bumerang untuk Diri Sendiri

Bayern Munchen vs Beşiktaş Elang Hitam Turki yang Kesakitan

Bayern Munchen vs Beşiktaş: Elang Hitam Turki yang Kesakitan