Mengenal Sepak Bola Istanbul Hamparan Klub-klub Sepak Bola di Kota yang Indah
Sumber gambar: news.xinhuanet.com
in

Mengenal Sepak Bola Istanbul: Hamparan Klub-klub Sepak Bola di Kota yang Indah

UGET UGET – Bukan hanya soal Masjid Biru, Hagia Sophia ataupun Topkapı, sepak bola Istanbul menjadi hal lain yang pantas dilirik ketika mengunjungi kota indah ini.

Istanbul, kota yang dulunya terkenal dengan sebutan Konstantinopel merupakan salah satu kota terindah di dunia. Warisan sejarah yang mengagumkan di kota ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjunginya.

Bukan hanya itu saja, kota kebanggaan masyarakat Turki ini juga kaya dengan klub-klub sepak bola yang menjadi bagian penting darinya. Kita tahu, masyarakat Turki juga menggemari olah raga ini. Maka tidak heran rasanya jika di Istanbul terhampar banyak klub-klub sepak bola.

Bukan hanya banyak jumlahnya saja, klub-klub yang didirikan di kota indah itu juga memiliki persaingan yang ketat. Yang paling banyak disebut dan dielu-elukan adalah tiga klub besar bernama Fenerbahçe S.K., Galatasaray S.K., dan Beşiktaş J.K. Ketiganya dikenal dengan julukan “Istanbul’s Big Three”.

Saat dua di antara mereka saling bertemu, maka dapat dipastikan terjadi derby besar saat itu. Itu berarti, derby Istanbul terjadi berkali-kali dalam satu musimnya. Mau tidak mau, suporter Istanbul juga akan terpecah. Tapi jangan salah, stadion akan selalu ramai dan tidak kekurangan penonton.

Tiga klub itu bukan saja menjadi kebanggaan Istanbul, tapi juga kebanggaan masyarakat Turki pada umumnya. Persaingan mereka sering mendominasi Süper Lig atau Liga Super Turki. Itulah sebabnya, tensi dan gengsi selalu saja tinggi demi memperebutkan nama “penguasa Istanbul dan Turki”.

Namun Istanbul bukan hanya soal tiga klub itu saja. Saat ini, ada klub Istanbul yang bisa dibilang masih baru tapi sudah mampu menjajaki papan atas klasemen Süper Lig. Klub itu adalah İstanbul Başakşehir F.K.

Klub yang saat ini bermarkas di Fatih Terim Stadium itu menjelma menjadi kekuatan besar di sepak bola Turki. Musim lalu saja mereka mampu finish sebagai Runner-up. Hanya kalah dari Beşiktaş yang menjadi juara liga, dan mampu mengungguli dua klub besar Istanbul, Fenerbahçe dan Galatasaray. Musim ini pun, İstanbul Başakşehir juga berada di tempat kedua klasemen sementara dan masih berpeluang besar untuk menjadi juara.

Memang bisa dibilang belum ada klub dari kota lain yang mampu merusak dominasi klub Istanbul di  Süper Lig. Bahkan selain empat klub tersebut, masih ada Kasimpaşa S.K di Liga Super Turki yang juga berasal dari Istanbul.

Lebih dari itu, ada banyak nama-nama klub distrik di Istanbul yang layak untuk diberi perhatian, seperti Anadoluhisarı, Fatih Karagümrük, Eyüp, Sultanorhanspor, Küçükçekmece, Sariyer, Kurtuluş, dan masih banyak lagi. Menarik untuk menantikan kejayaan klub-klub ini di masa yang akan datang.

Sumber gambar: news.xinhuanet.com

https://www.youtube.com/watch?v=K0ylRxOtBS0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Tingkah Menggemaskan Michelle Ziudith Akan Hadir Lagi di Magic Hour The Series

Tingkah Menggemaskan Michelle Ziudith Akan Hadir Lagi di Magic Hour The Series

Pentingnya Memilih Sosok Idola yang Tepat untuk Kita Mengapa Demikian

Pentingnya Memilih Sosok Idola yang Tepat untuk Kita, Mengapa Demikian?