Mengenal Leonardo Da Vinci yang Terkenal Dengan Kode-Kodenya
Sumber gambar: mods.org
in

Mengenal Leonardo Da Vinci yang Terkenal Dengan Kode-Kodenya

UGETUGET | Sebagian besar seniman atau ilmuan pasti kenal dengan tokoh dunia yang Bernama Leonardo Da Vinci. Ya. Salah satu tokoh dunia ini memang sangat menarik untuk dibicarakan.

Bagaimana kisah hidupnya? Yuk kita lihat.

Lionardo di ser Piero da Vinci dilahirkan di Anchiano, dekat kota Vinci, Republik Firenze, Italia, pada 15 April 1452, dan merupakan anak dari pasangan Piero Fruosino di Antonio da Vinci dan Caterina.

Ia adalah salah satu seniman terbesar yang dikenal dunia. Karyanya yang paling terkenal adalah The Last Supper (Perjamuan Terakhir) dan Mona Lisa.

Selain sebagai seniman, Ia juga memiliki ketertarikan terhadap ilmu pengetahuan seperti matematika, teknik, geologi, astronomi, botani atau ilmu tumbuhan, maupun kartografi (pemetaan).

Sedikit yang bisa diketahui dari masa kecilnya. Hingga usia lima tahun, Ia tinggal di rumah ibunya di Anchiano. Kemudian di tahun 1457, Ia tinggal bersama ayah, kakek, dan pamannya di Vinci.

Leonardo Da Vinci si jenius
Sumber gambar: bbc.com

Pada usia 15 tahun, Ia menunjukkan ketertarikan terhadap seni. Ayahnya lalu membawanya ke bengkel kerja Andrea di Cione, atau yang dikenal dengan Andrea Verrochio (Andrea si Mata Kebenaran).

Verrochio merupakan salah pelukis dengan karya terbaik di Firenze. Pelukis terkenal lain yang pernah berguru dengannya antara lain Domenico Ghirlandaio, Perugino, Botticelli, dan Lorenzo di Credi.

Berada di galeri kerja Verrochio, Ia belajar teori dan mengembangkan kemampuannya seperti kimia, metalurgi, mekanika, pengolahan kayu. Selain itu dia mempertajam teknik melukis, pewarnaan, memahat, dan pemodelan.

Ia berkontribusi terhadap lukisan Verrochio yang berjudul “Pembaptisan Kristus”. Kontribusinya adalah lukisan dua malaikat anak-anak yang memegang jubah Yesus Kristus.

Selain membantu melukis, Da Vinci juga diyakini menjadi model bagi dua karya sang guru. Yakni patung perunggu David di Bargello, dan Malaikat Raphael dalam lukisan Tobias and the Angel.

Pada 1472, ketika berumur 20 tahun, Ia memenuhi kualifikasi sebagai ahli di Asosiasi Seniman Santo Lukas. Meski ayahnya telah membuatkan Ia bengkel kerja pribadi, dia tetap berada di bengkel Verrochio.

Selama 17 tahun, Ia menyelesaikan enam karya. Pada 1483-1486, dia menyelesaikan lukisan bernama The Virgin of the Rocks. Di musim panas 1485, Ia bepergian ke Hongaria atas permintaan Sforza, dan bertemu dengan Matthias Corvinus, Raja Hongaria.Kemudian di 1495-1498, Ia menciptakan salah satu mahakarya-nya, The Last Supper atau Perjamuan Terakhir. Lukisan tersebut dibuat di Biara Santa Maria delle Grazie.Pada 1503, Ia memulai pekerjaan sebuah lukisan yang nantinya bakal menjadi lukisan termasyhur, Mona Lisa. Menggambarkan potret setengah badan seorang perempuan dengan senyum misterius. Dan Lukisan tersebut siap dilelang dengan harga Rp 13,5 Milyar.

Selain lukisan, ia juga dikenal akan ketertarikan khususnya terhadap sains. Salah satu penemuannya yang melampaui zaman adalah The Flying Machine.

Temuan itu digambarkan dalam bentuk sketsa di mana mesin yang menggabungkan sepeda dan helikopter. Adapun sayap mesin tersebut terinspirasi dari fisiologi kelelawar.

Bagaimana, kerenkan tokoh dunia yang satu ini. Selain sebagai seniman yang hebat ternyata dia juga pandai dalam ilmu pengetahuan. Patut ditiru ya gaes.

Written by Rizky

Manusia Rock n Roll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Berwisata Serta Melihat Budaya Masa Lalu Di Museum Ullen Sentalu

Berwisata Serta Melihat Budaya Masa Lalu Di Museum Ullen Sentalu

Berbagai Hal Menarik Dari Cewek Gendut, Kamu Banget Nih

Berbagai Hal Menarik Dari Cewek Gendut, Kamu Banget Nih